Soroti Manuver Gibran bin Jokowi Bertemu Prabowo, Surokim Berkomentar Pedas

Minggu, 21 Mei 2023 – 19:21 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat bertemu di Solo, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita.

jpnn.com, SURABAYA - Pengamat politik Surokim Abdussalam berkomentar pedas atas manuver Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang mendampingi bakal Capres Prabowo Subianto saat bertemu relawan.

Surokim yang juga peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) menilai manuver Gibran itu bisa merugikan diri sendiri hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: PDIP Panggil Gibran bin Jokowi, Kemungkinan Terkait Prabowo

"Keadaan tersebut tentu dipahami oleh Pak Jokowi agar bisa menertibkan anaknya. Sebab, kalau mereka lupa sejarah, hal itu potensial bisa merugikan relasi ke depan dan tentu itu patut disesalkan," ujar Surokim di Surabaya, Minggu (21/5).

Hal itu disampaikan Surokim menanggapi langkah Gibran berbincang empat mata dan makan malam bersama Prabowo di sela-sela pertemuan ketum Gerindra itu dengan sukarelawan Gibran dan Jokowi Jateng dan Jatim baru-baru ini.

BACA JUGA: Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Meninggal di Semarang, Begini Kondisi TKP

Wakil Rektor III Bidang Akademik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu mengingatkan agar Jokowi lebih berhati-hati.

Menurut dia, lebih elok bila Jokowi terus bisa menyamakan frekuensinya dengan PDIP terkait dengan Pilpres 2024.

Terlebih, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah membuat keputusan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dari partainya.

Surokim juga menyebut ada banyak faktor yang membuat Presiden Jokowi harus tegak lurus dengan PDIP.

"Semua orang di republik ini juga tahu bahwa naiknya Pak Jokowi di eksekutif tidak lepas dari restu PDIP," ucapnya.

Dia mengingatkan jangan sampai Jokowi hingga Gibran menjadi kacang yang lupa kulitnya karena ada jasa PDIP yang mengusung mereka.

Surokim bahkan menjelaskan bahwa PDIP dengan jasa baiknya selama ini telah membawa Presiden Jokowi dan keluarga pada 7 kemenangan selama hampir 20 tahun.

"Yakni dua kali wali kota, satu kali Gubernur DKI Jakarta dan dua kali presiden plus Wali Kota Solo untuk Gibran dan Medan untuk Bobby. Satu keistimewaan yang bahkan tidak didapatkan oleh keluarga Bung Karno sekalipun," tuturnya.

Menurut Surokim, bagaimanapun ada faktor kesejarahan panjang yang tidak bisa diabaikan dan dilupakan dalam relasi khusus ini. Hal itu seharusnya tidak dicederai karena bisa berpotensi membuat disharmoni.

"Pak Jokowi, Bu Mega, dan PDIP adalah trisula tidak bisa dipisahkan dalam membangun sejarah perjalanan bangsa selama dua dekade ini. Dan sejarah itu saya pikir perlu dipahami juga oleh keluarga Pak Jokowi agar selalu bisa saling menguatkan," ujar dia.(antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler