Soroti Polusi, Komunitas Bicara Udara Meluncurkan Film Dokumenter SENGAL

Rabu, 07 Desember 2022 – 22:48 WIB
Komunitas Bicara Udara meluncurkan film dokumenter yang berjudul SENGAL.Foto: Dok Bicara Udara

jpnn.com - Komunitas Bicara Udara meluncurkan film dokumenter pertamanya yang diproduksi Vinci Studios yang berjudul SENGAL.

Film tersebut menggambarkan tentang bahaya polusi udara dari sisi korban, akademisi, NGO, swasta, hingga politisi.

BACA JUGA: Marsha Aruan Beradu Akting dengan Irzan Faiq di Film Nagih Janji Cinta

Co-Fouder Bicara Udara Novita Natalia mengatakan film tersebut diproduksi dalam rangka memberikan edukasi akan bahaya polusi udara yang masih belum disadari secara baik oleh masyarakat.

“Bicara Udara ingin mengedukasi masyarakat untuk sadar akan bahaya polusi udara. Film dokumenter ini menjadi bentuk sumber informasi yang pas untuk masyarakat karena  merepresentasikan permasalahan polusi udara di kota-kota besar, terutama di Jakarta," ujar Novita dalam keterangan resmi, Rabu (7/12).

BACA JUGA: FIlm Triangle Of Sadness Hingga Cross The Line Temani Libur Nataru

Film dokumenter berdurasi 50 menit itu bercerita tentang kisah dari orang-orang yang terdampak polusi udara.

Selain itu, banyak cerita menggambarkan polusi udara ialah ‘pembunuh dalam senyap’ yang jauh lebih berbahaya daripada yang kebanyakan orang pahami.

BACA JUGA: Ini Daftar Pemain Film Petualangan Sherina 2

Terdapat kisah tentang mereka yang ditinggal orang terkasih, dan juga kisah seorang warga Jakarta yang harus keluar masuk rumah sakit untuk berobat karena polusi udara.

Lokasi pengambilan gambar untuk produksi film ini dilakukan di Jakarta, Bogor, dan Banten dengan waktu produksi selama 3 bulan.

“Kolaborasi Bicara Udara dan Vinci Studios dalam memproduksi film untuk pertama kalinya ini diharapkan menjadi tontonan yang edukatif dan mengajak orang-orang untuk mulai bersuara tentang dampak yang dirasakan akibat polusi udara,” ungkap Novita.

Sutradara film ‘SENGAL’, Vincent Ricardo mengungkapkan polusi udara telah menjadi masalah di wilayah Jabodetabek selama ratusan tahun, berasal dari era kolonial Hindia Belanda.

Penemuan ini sangat membuka mata dan membantu dirinya untuk memahami sifat yang panjang dari masalah ini

“Setiap tahun, banyak orang di Jabodetabek meninggal di usia dini karena udara beracun yang mereka hirup. Ini merupakan situasi bahaya dan kami berusaha bertindak menangani krisis ini,” kata Vincent.

Penayangan perdana film Sengal ditayangkan di Bioskop XXI Plaza Senayan, Rabu 7 Desember 2022.

Pada acara tersebut turut hadir Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Founding Partner AC Ventures Pandu Sjahrir.(mcr28/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler