Spanyol v Swiss: Tanpa Beban

Rabu, 16 Juni 2010 – 07:13 WIB
HADANGAN - Sejumlah jurnalis tampak mengamati latihan timnas Swiss, Sabtu (12/6) lalu, di Vaal University Technology, Vanderbijipark. Foto: AFP Photo/Philippe Huguen/FIFA.com.
DURBAN - Ekspektasi tinggi menemani perjalanan Spanyol di Piala Dunia (PD) 2010Selain status sebagai juara Eropa 2008, penampilan mereka dua tahun terakhir memang mengesankan

BACA JUGA: Honduras v Cile: La Roja Rindu Kemenangan

Selepas Euro, total mereka melakoni 30 laga dan memetik 29 kemenangan
Ekpektasi tinggi itu juga yang mengiringi David Villa dkk ketika meladeni tantangan Swiss di laga kedua Grup H dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB).

Normalnya, kondisi seperti itu rentan membuat pemain tertekan

BACA JUGA: Bidik Pelatih Ivan Kolev

Akibatnya, mereka terbebani dan malah tampil di bawah form
Namun, penggawa La Furia Roja - sebutan Spanyol - kompak menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak terbebani dengan ekpektasi tinggi

BACA JUGA: Brazil Kalahkan Korut 2-1

Spanyol juga diunggulkan habis-habisan di Euro 2008, namun toh akhirnya mereka mampu mengatasi tekanan di even tersebut.

"Ya, memang publik punya harapan yang sangat tinggi terhadap kamiItu wajar, mengingat statistik hasil yang kami kumpulkan selama dua tahun terakhirOrang melihat kami main bagus, dan itu hal yang positif," papar David Villa, striker Spanyol, seperti dilansir Associated Press"Kami tidak menganggap itu sebagai tekananJustru sebaliknya, kami merasa tersanjung," lanjut dia.

Jelang kickoff PD, Spanyol sempat diganggu problem cedera pemainTidak tanggung-tanggung, pemain pilar macam striker Fernando Torres, gelandang Cesc Fabregas dan Andres Iniesta, diragukan bisa mainTapi, kondisi mereka kini kian membaikIniesta dan Fabregas bahkan punya kans turun dalam laga perdana melawan Swiss di Stadion Moses Mabhida nanti.

Pelatih Vicente del Bosque tampaknya tidak akan mengambil resiko dengan menurunkan TorresNamun, tanpa penyerang Liverpool itu pun, La Furia Roja tidak akan kekurangan tukang gedorKombinasi Villa sebagai penyerang tunggal, didukung tiga gelandang serang, sudah terbukti ampuh menghasilkan banyak gol buat Spanyol di uji coba.

Sebaliknya, justru kekuatan Swiss yang sudah pasti tereduksiPelatih Ottmar Hitzfeld tidak bisa memainkan striker utama sekaligus kapten Alex Frei yang cedera engkel, plus gelandang Valon Behrami yang cedera pahaTanpa dua pemain berpengalaman tersebut, tim berjuluk Schweizer Nati tersebut kehilangan pengatur ritme permainan.

Kendati demikian, Spanyol berkeras untuk tidak meremehkan pasukan HitzfeldBagaimanapun juga, Swiss merupakan tim yang banyak mengandalkan kerja kerasFaktor Hitzfeld yang merupakan pelatih bertangan dingin juga tidak bisa diabaikanBuktinya, mereka mampu menahan imbang Italia dalam uji coba pekan lalu.

"Mereka bermain bagus sekali di beberapa laga uji coba terakhirKami bahkan tidak perlu video untuk melihat betapa berbahayanya Swiss jika sedang dalam form terbaik," papar Fabregas"Kami sendiri harus menjaga konsentrasi untuk menjalani laga perdanaIni sangat penting, karena akan menentukan langkah kami ke depan," lanjutnya.

Hitzfeld mengakui, dengan materi pemain tengah dan depan Spanyol yang sangat brilian, timnya membutuhkan tambahan daya di lini belakangItu tidak mudah, mengingat Berhami sebenarnya juga piawai menjalankan peran sebagai holding midfielderSatu-satunya harapan eks-pelatih Bayern Munchen itu adalah kiper Diego Benaglio.

"Laga ini bakal sangat sulit," aku Hitzfeld kepada AS"Seluruh pemain yang saya turunkan harus berada dalam kondisi terbaik, terutama kiper BenaglioDia harus menganggap pertandingan ini seperti laga final," papar dia.

Pelatih yang menangani Swiss sejak 2008 itu menuturkan, meskipun memompa semangat anak buahnya setinggi langit, timnya akan tetap sulit mengalahkan SpanyolDari segi kualitas individu maupun teknik permainan, mereka kalah jauhNamun, dia tidak menginstruksikan anak buahnya untuk menyerah begitu saja kepada Villa dkkPaling tidak, memaksakan hasil imbang adalah misi yang cukup masuk akal.

"Spanyol sangat dijagokan memenangi laga iniSo, mungkin di sisi itulah kami bisa mendapat kesempatanKami akan all out, dan mencoba membuat kejutan," papar dia"Anak buah saya pernah dikalahkan Luksemburg di awal uji cobaBuat kami, itu hal yang bagus, karena setelah itu tren kami terus menanjakKami bisa berharap, puncak permainan kami terjadi pada saat melawan Spanyol," pungkas Hitzfeld(na)

Data Pertandingan

Stadion: Moses Mabhida, Durban
Kapasitas: 69.000 penonton
Wasit: Howard Webb (Inggris)

Perkiraan Pemain

Spanyol (4-3-2-1): 1-Casillas (g); 15-Ramos, 5-Puyol, 3-Pique, 11-Capdevilla; 8-Xavi, 14-Alonso; 21-Silva, 10-Fabregas, 6-Iniesta; 7-Villa
Pelatih: Vicente del Bosque

Swiss (4-4-2): 1-Benaglio (g); 13-Grichting, 2-Lichsteiner, 4-Sanderos, 17-Ziegler; 7-Barnetta, 8-Onler, 6-Huggel, 16-Fernandes; 19-Derdiyok, 10-Nkufo
Pelatih: Ottmar Hitzfeld

Head to Head
02/07/94  Spanyol  v  Swiss        3-0
13/12/89  Spanyol  v  Swiss        2-1
05/06/88  Swiss     v  Spanyol     1-1
26/05/84  Swiss     v  Spanyol     0-4
28/04/82  Spanyol  v  Swiss        2-0

Di atas kertas
Dari 18 pertemuan, Swiss tidak pernah sekalipun mengalahkan SpanyolPaling bagus, mereka tiga kali menahan imbang MatadorSudah begitu, dalam laga dini hari nanti, Swiss tidak bisa memainkan striker utama Alexander Frei yang cedera.

Bursa Asian Handicap
0 : 1 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Dadakan Masuk Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler