Spanyol vs Ukraina: Usung Misi Lolos Langsung

Jumat, 27 Maret 2015 – 20:04 WIB
Spanyol vs Ukraina: Usung Misi Lolos Langsung. Foto AFP

SEVILLA - Matchday kelima kualifikasi Grup C Euro 2016 memanggungkan salah satu pertandingan paling penting. Spanyol bakal menjamu Ukraina di Ramon Sanchez-Pizjuan, Sevilla dini hari nanti.
    
Laga ini krusial bagi kedua tim. Sebab Spanyol dan Ukraina memiliki koleksi poin sama yakni sembilan.

La Furia Roja"julukan Spanyol-- berada di posisi kedua karena memiliki selisih gol yang lebih baik ketimbang pesaingnya itu.

BACA JUGA: Diego Costa tak Masuk Skuat Timnas Spanyol Karena Dapat Kutukan?

Slovakia masih ada di puncak klasemen dengan torehan tiga angka lebih banyak ketimbang Spanyol dan Ukraina.

Martin Skrtel dkk mengoleksi poin sempurna karena menyapu bersih empat pertandingan awal. Itu termasuk kemenangan hebat melawan Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion pod Dubnom, Zilina, 9 Oktober tahun lalu.  

BACA JUGA: Begini Cara Lionel Messi dkk Hilangkan Kejenuhan di Timnas

Spanyol harus mengalahkan Ukraina untuk memelihara peluang lolos langsung ke Prancis tahun depan. Sebab hanya dua tim teratas yang aman untuk melaju mulus ke putaran final.
Sedangkan peringkat ketiga kemungkinan besar akan bermain di babak playoff. Karena hanya satu tim peringkat ketiga terbaik dari sembilan grup yang lolos langsung ke Prancis.

Spanyol dalam kepercayaan diri yang sangat tinggi jelang pertandingan ini. Sebab, dalam 29 laga kompetitif terakhir di kandang, Iker Casillas dkk tidak pernah kalah (25 menang dan empat imbang).
      
Dalam 14 laga terakhir di rumah sendiri, Spanyol konsisten meraih kemenangan. Dalam dua laga terakhir melawan Ukraina, Spanyol juga sukses memetik victory.  
    
Entrenador Spanyol Vicente del Bosque tidak akan memainkan striker utama Diego Costa dalam pertandingan ini. Bomber asal Chelsea tersebut mengalami cedera hamstring.
    
Dengan kondisi ini, Del Bosque memanggil striker yang sedang mengalami periode sangat positif bersama Juventus, Alvaro Morata. Striker 22 tahun tersebut bisa saja menjadi penyerang tengah dalam formasi 4-3-3.

BACA JUGA: Korsel Hancurkan Brunei 5-0

Morata akan didampingi oleh bintang Manchester City David Silva dan winger Barcelona Pedro Rodriguez di lini depan.
    
"Saya sudah siap. Dan saya akan merespon pemanggilan ini dengan sikap terbaik yang bisa saja berikan," kata Morata sebagaimana dilansir Marca.         
    
"Awal musim ini, saya sempat mengalami masalah pada lutut. Dan saya juga harus melakukan adaptasi bersama rekan-rekan setim di Juventus. Namun sekarang, saya sudah mulai menyatu. Fisik saya sudah siap," imbuhnya.
    
Selain absennya Costa, Del Bosque tidak mengalami masalah serius dengan cedera pemain. Holding midfielder penting asal Barcelona Sergio Busquets sudah bisa bermain karena sembuh dari cedera engkel.
    
Busquets akan bahu membahu dengan kapten Barcelona Andres Iniesta dan playmakaer Chelsea Cesc Fabregas di lini tengah Spanyol.
    
Menurut Del Bosque, skuatnya dalam kondisi yang sangat baik. Latihan dan persiapan sebelum pertandingan juga berlangsung dnegan mulus.
    
"Kami berlatih dengan semua pemain yang kami miliki. Kami mengembangkan kemampuan mereka dengan skema yang akan kami mainkan. Dan kami memiliki harapan besar kepada Morata," kata Del Bosque dalam konferensi pers sebelum laga sebagaimana dilansir Reuters.
    
"Ini adalah pertandingan yang mengharuskan Anda melakukan serangan intens. Namun kami juga butuh keseimbangan. Kami harus berhati-hati dengan ancaman Ukraina. Mereka memiliki serangan balik yang berbahaya," imbuh pelatih yang membawa Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 tersebut.
    
Sementara itu, Ukraina juga sedang dalam kondisi baik. Dalam tiga pertandingan terakhir Anatoliy Tymoshchuk dkk menyapu bersih kemenangan dan tidak kebobolan satupun gol.

Namun, Pelatih Mikhail Fomenko kehilangan pemain Dynamo Kiev Sergiy Sydorchuk absen karena cedera.
      
"Kami bahagia dengan hasil pertandingan sebelum ini. Tujuan kami adalah lolos langsung. Dan kami berjanji tidak akan melakukan kesalahan saat melawan Spanyol," kata gelandang asal Dynamo Kiev Andriy Yarmolenko kepada situs resmi UEFA. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Manajer Persebaya 1927 Bicara Tentang Kongres PSSI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler