Spirit 200 Persen Real Madrid

Real Madrid v Real Union (Second Leg 32 Besar)

Selasa, 11 November 2008 – 09:16 WIB
MADRID - Di Spanyol, gebyar Copa del Rey memang kalah mentereng dibandingkan Liga PrimeraTapi, ajang yang biasa disebut dengan Piala Raja itu bakal menyedot perhatian seandainya jawara Liga Primera Real Madrid tersisih di babak awal

BACA JUGA: Dari Nepal Tanpa Medali

Apalagi jika yang menyingkirkan Real adalah klub Segunda Division B alias Divisi III Spanyol macam Real Union.

Kemungkinan itu terbuka seiring kekalahan 2-3 Real dari Union di first leg babak 32 besar pada 30 Oktober lalu
Untuk lolos, Real dituntut menang dengan margin minimal dua gol saat menjamu Union di Santiago Bernabeu dini hari nanti.

Bagi klub sekelas Real, target tersebut seharusnya bukan masalah besar

BACA JUGA: Chelsea Rayu Thierry Henry dengan Rp 139 M

Sebab, kualitas pemain dan pengalaman bertanding Raul Gonzalez dkk unggul jauh dibandingkan tim lawan
Tapi, fakta di atas kertas terkadang berbeda dengan kenyataan di lapangan.

Apalagi, performa Los Merengues -sebutan Real- tidak stabil

BACA JUGA: Dua Pilihan Pelatih Pengganti Real Madrid

Di laga terakhir Liga Primera Sabtu lalu (8/11), tim besutan Bernd Schuster itu harus bersusah payah mengalahkan Malaga 4-3Sebelumnya, Real bahkan dipermalukan Juventus 0-2 di ajang Liga Champions.

''Kami sulit menjelaskan alasan tidak konsistennya penampilan kami dan gawang kami yang mudah kebobolanSaya pikir, itu hanya masalah mood sebuah tim yang kadang naik, kadang turun,'' kata Rafael van der Vaart, gelandang Real asal Belanda, di situs resmi klub kemarin (10/11).

Hanya, lanjut Van der Vaart, Real tidak bisa terus dalam situasi tersebutSebab, Real adalah klub yang dipenuhi ekspektasi tinggi dan sebuah kegagalan akan sulit ditoleransiApalagi jika klub asal ibu kota Spanyol itu sampai tersisih di Copa del Rey.

''Lawan Real Union, kami harus bermain lebih tenang, sabar, tapi harus dengan spirit 200 persen diandingkan laga biasanya,'' ujar pemain 25 tahun yang dibeli dari klub Jerman Hamburg itu.

Van der Vaart belum tahu apakah dirinya bakal turun saat menghadapi Union dini hari nantiSebagaimana kebijakan di beberapa musim terakhir, Real akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada pemain lapis kedua untuk tampil di Copa del Rey.

Namun, mengingat posisi Real yang terancam, bisa jadi Schuster akan menyelipkan lebih banyak pemain inti dalam komposisi starting elevenSaat berlatih di Valdebebas kemarin (10/11), Van der Vaart, Wesley Sneijder, dan kapten tim Raul Gonzalez masuk dalam skuad cadangan yang diisi Javier Saviola, Jerzy Dudek, dan Christoph MetzelderSedangkan pemain pilar, khususnya yang tampil sebagai starter lawan Malaga, hanya berlatih di gym.

''Tim cadangan memang dipersiapkan di Copa del ReyTapi, masih bisa terhadi perubahan karena kami masih menunggu kondisi terakhir Ruben de la Red dan Mahamadou Diarra yang mengalami cedera minor,'' terang Schuster.

Jika kondisi De la Red dan Diarra masih fifty-fifty, lain halnya dengan Pepe, Arjen Robben, dan Ruud van NistelrooyKetiganya dipastikan absen karena cederaSelain itu, nama mereka sudah tidak ada dalam line up lawan Malaga lalu.

Di kubu Union, klub asuhan Javier Zubillaga itu berambisi mencatat hat-trick kemenangan atas Real di Copa del ReyPada dua pertemuan sebelumnya di final 1918 dan 1924, Union menjadi pemenangTotal, Union tiga kali menjadi jawaraTapi, tetap saja mereka kalah jauh dibandingkan Real yang sudah 17 kali merebut trofi(dns/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manchester City Bantah Lengserkan Hughes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler