Sri Asih Raih Penghargaan Fantastic Fest 2023 di Amerika Serikat

Rabu, 27 September 2023 – 20:00 WIB
Para pemain dan tim produksi film Sri Asih di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (6/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Film superhero asal Indonesia, Sri Asih baru saja memenangkan penghargaan di festival film, Fantastic Fest 2023.

Fantastic Fest merupakan festival film genre terbesar di Amerika Serikat yang mengedepankan sinema yang menantang dan menggugah pemikiran sekaligus merayakan suara-suara baru dan kisah-kisah baru dari para sineas di seluruh dunia.

BACA JUGA: Karakter Gundala Hingga Sri Asih Kini Hadir di Matahari

Pada tahun ini, Fantastic Fest berlangsung pada 21 hingga 28 September 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Sutradara film Sri Asih, Upi mengungkapkan kegembiraannya atas kemenangan dan penghargaan yang diraih oleh film Sri Asih.

BACA JUGA: RKC Luncurkan Figure Sri Asih dan Gundala, 100% Buatan Dalam Negeri

Menurutnya penghargaan ini bisa menjadi pemantik semangat untuk terus berkarya dan menghasilkan cerita baru ke depan.

"Menang di program Next Wave Features Fantastic Fest ini menjadi kehormatan bagi saya dan seluruh kru dan pemain Sri Asih. Ini juga memberikan kami semangat lagi untuk terus membuat cerita-cerita baru di masa mendatang yang lebih menantang," kata Upi.

BACA JUGA: Bangga jadi Sri Asih, Pevita Pearce: Pengalaman Membekas Seumur Hidup

Produser kreatif BCU (Bumilangit Cinematic Universe) dan ko-penulis Sri Asih, Joko Anwar mengungkapkan apresiasi yang diterima Sri Asih dari dunia internasional memberikan optimisme bahwa karya dan cerita baru bisa diterima dengan baik.

Menurutnya, penghargaan ini menandakan bahwa Sri Asih memang memiliki kualitas yang tidak diragukan.

"Penghargaan ini sekaligus memberikan kami semangat lagi untuk melahirkan karya-karya berikutnya di BCU," beber Joko Anwar.

Tahun ini, Fantastic Fest menerima film-film luar biasa dari seluruh dunia.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi tim program dan juri dalam mengkurasi dan menilai seluruh film. Memilih film terbaik dari festival tahun ini tentu saja tidak mudah.

"Dengan begitu banyak perspektif luar biasa yang diwakili, tugas mereka untuk mengulas film-film fantastis ini tidak dapat dipungkiri sangat menantang. Kritik mereka yang bijaksana dan profesional terhadap setiap karya mewujudkan keunggulan sinematik yang kami perjuangkan di Fantastic Fest," ujar Direktur Pemrograman Fantastic Fest Annick Mahnert dalam pernyataan resmi.

Film Sri Asih merupakan bagian dari Jagat Sinema Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe).

Sri Asih juga menjadi pembuka alur bagi film-film BCU. Salah satunya dengan pengenalan para anggota Jagabumi.

Penonton dapat mengetahui masa depan Jagat Sinema Bumilangit dengan setiap tokoh dalam film ini memiliki peran penting.

Film superhero bergenre action dan science fiction itu dibintangi oleh Pevita Pearce, Reza Rahadian, Christine Hakim, Jefri Nichol, Dimas Anggara, Surya Saputra, Jenny Zhang, dan Randy Pangalila.

Diproduksi oleh Screenplay Bumilangit, film Sri 1 juga melibatkan para filmmaker ternama. Selain Upi sebagai sutradara dan penulis, Joko Anwar menjadi ko-penulis bersama Upi, dan Iko Uwais turut terlibat dalam film bersama Uwais Team, yang melatih Pevita Pearce untuk membawakan adegan laga

Film Sri Asih berkisah tentang Alana, anak yatim piatu yang diadopsi oleh perempuan kaya raya. Alana beranjak dewasa dan membangun karier sebagai
petarung profesional MMA.

Kehebatan Alana menarik perhatian Mateo Adinegara, putra tunggal dari seorang pebisnis kaya yang tertantang untuk melawan Alana yang memiliki reputasi tidak pernah kalah dalam pertarungan.

Film Sri Asih terasa dekat dan relevan dengan budaya di Indonesia. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler