Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci di Kotawaringin Barat

Jumat, 28 Juli 2023 – 00:25 WIB
Srikandi Ganjar Kalteng mengadakan pelatihan pembuatan gantungan kunci. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PANGKALAN BUN - Sukarelawan Srikandi Ganjar terus berpartisipasi aktif meningkatkan kreativitas dan bakat perempuan milenial di beberapa daerah dengan pelatihan-pelatihan bermanfaat.

Kali ini, mereka menggelar pelatihan pembuatan gantungan kunci dari tali kur di Kafe Tepi Arut, Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

BACA JUGA: Pandawa Ganjar Ajak Pemuda Maluku-Maluku Utara Berinovasi Melalui Karya

Dalam pelatihan tersebut, Srikandi Ganjar menggandeng komunitas pemuda perempuan di Kabupaten Kotawaringin untuk menyukseskan acara itu.

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar Kalteng Refa Asmianur mengatakan pihaknya tiada henti menggelar pelatihan yang menstimulasi para perempuan milenial untuk mengembangkan minat dan kreativitas mereka.

BACA JUGA: PPP Tepis Isu Terkait Dukung Ganjar Pranowo jadi Cawapres Prabowo Subianto

Perempuan berusia 24 tahun tersebut mengatakan pihaknya juga terinspirasi oleh sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terus memberdayakan para perempuan milenial dengan program-program dijalankannya di wilayahnya.

"Srikandi Ganjar hadir sebagai wadah dan fasilitator untuk meningkatkan minat dan bakat perempuan milenial di Kabupaten Kotawaringin Barat," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (27/7).

BACA JUGA: Ganjar Bangun Sekolah Vokasi Untuk Jawab Persoalan Sistem Zonasi PPDB

Perempuan yang sedang melanjutkan studi S-2 salah satu perguruan tinggi di Palangka Raya itu menuturkan pelatihan tersebut sengaja digelar untuk anak muda karena proses pembuatannya mudah. Bahannya berasal dari tali kur dibuat simpul hingga menjadi gantungan kunci. Tali ini juga gampang ditemukan di online shop. Selain itu, anak muda senang dengan hal-hal yang estetik.

"Proses pembuatannya lumayan mudah dan anak muda bisa mengikuti dan menjalankannya. Bahannya juga bisa didapatkan secara mudah di online shop atau pasar yang menjual bahan kriya," kata dia.

Refa berharap para peserta memanfaatkan pelatihan ini menjadi peluang usaha untuk membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan begitu, tercipta industri kreatif di bidang kriya dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin.

"Nantinya, setelah kegiatan ini, semoga perempuan milenial bisa terjun ke industri kreatif. Ini juga sebagai ide usaha untuk kaum milenial," ungkapnya.

Pelatihan tersebut sukses memikat minat para perempuan di sana. Ada sekitar 45 orang yang hadir. Mereka berharap Srikandi Ganjar terus menggelar pelatihan yang bermanfaat sehingga soft skill anak muda di sini makin berkembang. Mereka juga mendoakan agar bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

"Para milenial di Kotawaringin Barat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka juga mengharapkan Srikandi Ganjar bisa menggelar pelatihan yang lebih menarik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Febryana Clorensia, peserta pelatihan, menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anak muda agar kreativitasnya di bidang kerajinan tangan atau kriya meningkat.

"Belajar membuat gantungan kunci dari tali kur. Positif sekali, bisa memperkaya pengetahuan dan wawasan serta menambah teman," katanya. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pandawa Ganjar Adakan Diskusi Kearifan Lokal Muda Dayak untuk IKN


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler