Sriwijaya FC, Tim Paling Bebas Denda

Sabtu, 09 Juli 2016 – 00:18 WIB
Pemain Sriwijaya FC latihan. Foto: Sumek/dok.JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG - Sriwijaya FC merupakan salah satu tim yang paling bersih dari sanksi sepanjang paruh pertama kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 bergulir. 

Berbanding terbalik dengan tim ibukota Persija Jakarta yang menjadi salah satu tim tebanyak mendapatkan sanksi denda.

BACA JUGA: Petr Cech Pensiun

Data PT Gelora Trisula Semesta (GTS)m  dari 81 pertandingan yang sudah digulirkan sejak 29 April 2016 lalu, tercipta 194 gol dan ada sebanyak 357 kartu yang dikeluarkan wasit dengan 15 di antaranya merupakan kartu merah. 

Selain pelanggaran yang terjadi saat pertandingan berlangsung, Komisi Disiplin (Komdis) ISC juga mencatat sejumlah pelanggaran di luar lapangan. 

BACA JUGA: WOW, Sriwijaya FC Tim Paling Bersih dari Denda

Pelanggaran-pelanggaran itu ada yang membuahkan sanksi peringatan hingga sanksi berupa denda dengan jumlah beragam hingga larangan bermain atau mendampingi tim bagi pemain maupun ofisial tim. 

Tercatat sudah 13 kali sidang Komdis dilangsungkan hingga kini. Dari total sidang itu, 14 dari 18 kontestan TSC 2016 sudah dijatuhi sanksi denda oleh Komdis ISC. 

BACA JUGA: Atlet Daerah Ini Dalam Misi Perbaiki Jarak Lemparan

Laskar Wong Kito adalah salah satunya bersama Bhayangkara Surabaya United, Bali United, dan Mitra Kukar.

Manajer Sriwijaya FC, Nasrun Umar sendiri mengaku bahwa pencapaian ini berkat komunikasi yang baik antara pihaknya dengan jajaran suporter serta pecinta Laskar Wong Kito selama ini. 

Berdasarkan catatan PT GTS, dari 14 klub yang sudah menerima sanksi denda hingga pekan ke-9 ini, empat klub diwajibkan membayar denda dalam jumlah paling rendah, yakni Rp 10 juta. 

Sanksi itu diberikan masing-masing sekali untuk Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Persipura, dan Persiba Balikpapan.

Kemudian, mayoritas klub dijatuhi sanksi denda dengan kisaran Rp 20 juta – Rp 60 juta. Rata-rata klub-klub tersebut melakukan pelanggaran Pasal 60 dan 62 Kode Disiplin ISC, yakni tentang tanggung jawab tingkah laku penonton.

Dua klub yang terkena sanksi denda terbanyak adalah Persija dan Pusamania Borneo FC. Bila ditotal, tim Macan Kemayoran harus membayar sanksi denda sebesar Rp 215 juta sedangkan tim Pesut Etam sebesar Rp 100 juta. (SE/sam/jpnn)

Jumlah sanksi denda yang diterima klub hingga pekan ke-9 TSC 2016:

-Persiba Balikpapan: Rp 10 juta

-Persegres Gresik United: Rp 10 juta

-Persipura: Rp 10 juta

-Persela: Rp 10 juta

-Perseru: Rp 15 juta

-PSM Makassar: Rp 20 juta

-Arema Cronus: Rp 35 juta

-Barito Putera: Rp 35 juta

-Persib: Rp 40 juta

-Semen Padang: Rp 45 juta

-PS TNI: Rp 50 juta

-Madura United: Rp 60 juta

-Pusamania Borneo FC: Rp 100 juta

-Persija: Rp 215 juta

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bintang Wales Minta Perhatian Arsene Wenger


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler