St. Loco Bawa Nuansa dan Semangat Baru dalam Album HOME

Senin, 08 Mei 2023 – 11:10 WIB
St. Loco di Hard Rock Cafe, Jakarta, Senin (14/11). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik St. Loco akhirnya meluncurkan album terbaru yang berjudul HOME (Hymn of Majestic Entities).

Album ke-4 dari unit hip metalcore asal Jakarta itu resmi dirilis melalui platform musik digital pada Minggu, 7 Mei 2023.

BACA JUGA: Rilis NAKL, St. Loco Kolaborasi dengan Jakarta Blackwork

Sejak Juni 2022, band yang beranggotakan oleh Anindya 'Dimas' Pramadhyana (vokal), Berry 'Beery'
Manoch (rapper), Webster 'Nyonk' Manuhutu (drums), Gilbert Joshua (bass), Iwan Hoediarto (gitar)
Timotius 'Tius' Firman (DJ), dan Asido Sigit (additional guitar) itu aktif menyiapkan materi lagu-lagu untuk album HOME.

Tidak sekadar bercerita tentang arti sebuah rumah, album HOME juga memiliki pesan-pesan kehidupan yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA: Tampil Energik, St. Loco Pamer Lagu Baru di Soundrenaline 2022

"HOME adalah simbolisasi tempat untuk menemukan kebahagiaan, sebuah tujuan utama untuk pulang, kenyamanan akan menyambut kita dengan tangan terbuka di sana," kata Beery St. Loco.

"Hymne Of Majestic Entities merupakan akronim dari simbolisasi tersebut dan menggambarkan kisah perjalanan pulang melewati segala macam babak kehidupan yang terangkum dalam setiap lagu di album. Serta menjadi proses pendewasaan yang lebih bijak bagi setiap pribadi yang ada di St. Loco, hingga pada akhirnya akan mengantarkan kita ke sebuah tempat yang bernama rumah," sambungnya.

BACA JUGA: 20 Tahun, St. Loco Masih Membara

Vokalis St. Loco, Dimas mengungkapkan, album HOME menyajikan nuansa berbeda.

St. Loco menghadirkan warna dari perpaduan metalcore dengan beberapa genre lainnya seperti electronic, hip-hop, pop alternative sehingga menjadi kesatuan.

Selain Nirmala dan Akhir Setiap Mula yang menjadi hits dalam album ini, lagu Believer didapuk menjadi track pembuka album HOME (Hymn of Majestic Entities) serta ditutup oleh Spartan.

Secara keseluruhan, album terbaru St. Loco itu membawa energi serta semangat baru dari karya bermusik.

Semua personel St. Loco juga menyatakan puas serta menyukai hasil dari album tersebut.

"Sangat puas karena ini adalah album terbaik sepanjang St. Loco berkarya. Semua track di album ini adalah kejutan karena tema setiap lagu memiliki arti yang spesial untuk St. Loco," beber Timotius Firman.

Proses mixing dan mastering semua lagu dalam album St. Loco digarap oleh Asidosigit dan Timotius Firman serta direkam di Plandmic Audio Lab.

Penggarapan artwork dipercayakan kepada Ade Itameda, foto oleh Aldo Sinatra, serta album layout dari Nana Christian Magal.

St. Loco juga sepenuhnya dibantu oleh label Hammersonic Records.

Dalam rangka lahirnya album baru, St. Loco memilih untuk mengemas peluncuran HOME (Hymn of Majestic Entities) menjadi serangkaian acara yang dari 5–7 Mei 2023.

Pada 5 Mei 2023, St. Loco menggelar press conference dan media hearing session album HOME di Auditorium SAE Indonesia, Pejaten, Jakarta Selatan.

Pada 6 Mei 2023, St. Loco melakukan performance DJ Set di event Record Store Day (RSD) 2023.

Puncaknya pada 7 Mei 2023, HOME (Hymn of Majestic Entities) dari St. Loco dirilis di seluruh platform digital.

St. Loco sebelumnya telah merilis tiga album yakni Rock Upon A Time (2004), Vision for Transition (2006), hingga Momentum (2012).

Selain itu, St. Loco juga sukses beberapa single seperti Santai Saja (2009), Time to Rock N Roll (2011), Rebel (2011), Tentang Kita (2012), Di Balik Pintu Istana (2015), Bebas feat. Iwa K (2016), NAKAL-Naluri Kualitas Akal (2019), NAKL (2022), Nirmala (2022), dan Akhir Setiap Mula (2023). (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler