Staf Khusus SBY Masuk Calon Terpopuler di Pilgub Lampung

Kamis, 20 Juni 2013 – 21:29 WIB
JAKARTA - Indonesia Development Monitoring (IDM) menemukan hanya ada enam tokoh yang memiliki popularitas di atas 90 persen pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Lampung. Mereka adalah Herman HN (Wali Kota Bandarlampung), Alzier Dianis Thabranie (Ketua DPD Golkar), Joko Umar Said (Wakil Gubenur Lampung), Berlian Tihang (Sekprov Lampung), Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat), dan Andi Arief (Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)

"Meskipun belum menjadi daya tarik yang kuat  bagi pemilih, potensi mereka setidaknya dapat dilihat dari tingkat penerimaan pemilih pada mereka. Dalam hal ini indikasinya dapat dilihat dari tingkat pengenalan kesukaan pemilih pada mereka," kata Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel dalam rilisnya yang diterima JPNN, Kamis (20/6).

Fahmi menjelaskan temuan ini berdasarkan survei yang dilakukan pada 2 Juni -16 Juni  2013 untuk menganalisa nama-nama bakal calon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung. Sampel yang digunakan adalah warga Provinsi Lampung yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 3 ribu orang dengan tingkat kepercayaan 98 persen.

Dari beberapa indikator pertanyaan yang diajukan, ditemukan pula bahwa tokoh yang mempunyai elektabilitas diatas 15 persen adalah Alzier Dianis Thabranie, Berlian Tihang, Mukhlis Basri.

"Dalam temuan surve tokoh yang paling punya potensi untuk menang dalam pemilihan Gubenur Lampung adalah Berlian Tihang (Sekda Prov Lampung) dengan tingkat Elektabilitas 31,4 persen. Kemudian Berlian Tihang yang notabene bukan datang dari kalangan Parpol tetapi dari kalangan birokrasi," ucapnya.

Fahmi menjelaskan meskipun ada tokoh yang popularitasnya tinggi tapi tidak signifikan dengan tingkat keterpilihannya. Seperti pada Andi Arief yang hanya memiliki elektabilitas di bawah 10 persen.

"Tokoh muda yang mempunyai elektabilitas dan popularitas tertinggi hanyalah Andi Arief  dengan 5,6 persen. Sedangkan Tokoh muda dari Partai Demokrat yang maju sebagai calon gubenur Lampung yaitu Muhamad Ridho Ficardo (Ketua Demokrat lampung) hanya memiliki eletabilitas 0,9 persen," pungkasnya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Calo Berpeci Mainkan Pemangkasan Calhaj

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler