Star Wars Patahkan Rekor Jurassic World

Rabu, 23 Desember 2015 – 09:44 WIB

LOS ANGELES – Rekor demi rekor menaungi film ketujuh Star Wars yang dirilis global pada Jumat (18/12) lalu. Merujuk situsboxofficemojo, film yang dibintangi artis baru, Daisy Ridley, tersebut mampu mengalahkanJurassic World

Catatan pendapatan pada akhir pekan di minggu perdana pemutaran mencapai USD 248 juta (setara dengan Rp 3,4 triliun) atau unggul sekitar USD 40 juta (setara dengan Rp 548,6 miliar) dari film rilisan Juni tersebut. 

Perolehan itu merupakan hasil pemutaran di area Amerika Utara saja. Secara global, raihan film yang juga dibintangi pemeran trilogi pertama serial perang bintang tersebut juga membuat prestasi. Berdasar data per Selasa sore (22/12),The Force Awakens mampu mengumpulkan USD 529 juta (setara dengan Rp 7,25 triliun). Catatan tersebut unggul tipis dari Jurassic World yang meraih USD 524,9 juta (setara dengan Rp 7,19 triliun). 

Selain mematahkan rekor Jurassic WorldThe Force Awakens mengalahkan film-film yang diputar bersamaan dengan sangat telak. Sepanjang akhir pekan lalu, film yang disutradarai J.J. Abrams itu mengalahkan pencapaian Alvin and the Chipmunks: The Road Chip di posisi kedua yang hanya mendapat USD 14,29 juta (senilai Rp 196 miliar). Dengan begitu, takhta film terbesar 2015 bisa saja dipegang Star Wars: The Force Awakens yang notabene baru rilis tidak sampai seminggu lalu. 

Star Wars: The Force Awakens juga mendapat apresiasi lantaran menjadi film yang sukses ''mengalahkan'' Desember. Film berdurasi 135 menit itu merupakan satu-satunya film rilisan Desember yang mampu mencetak pendapatan di atas USD 100 juta. Rekor tertinggi sebelumnya dipegang The Hobbit An Unexpected Journey yang membukukan USD 84,62 juta (setara dengan Rp 1,15 triliun).

Banyak kritikus berpendapat penghasilan film produksi Disney dan Lucasfilm tersebut masih berpeluang besar naik. Bahkan, mereka optimistis mampu mengejar rekor pekan pembuka Avatargarapan James Cameron. Film rilisan 2009 itu mencetak USD 760,5 juta (senilai Rp 10,4 triliun) pada pekan pembukaannya di Amerika Utara. Angka tersebut berarti tiga kali pendapatan sementara The Force Awakens.

Analis media senior Rentrak Paul Dergarabedian menyatakan, keriuhan Star Wars pada akhir pekan lalu amat heboh. ''Seperti gabungan pertandingan american football, bisbol, dan pacuan kuda Kentucky Derby. Ini adalah blockbuster yang sempurna,'' ungkapnya sebagaimana dikutip CNN. Antusiasme tersebut diprediksi meningkat, terutama pada hari-hari jelang libur Natal. 

Rekor Star Wars baru dikatakan sempurna pada Januari 2016. Sebab, pada 9 Januari, film itu mulai diputar di Tiongkok, salah satu pasar film Hollywood terbesar setelah Amerika Utara. 

Prestasi The Force Awakens dalam memecahkan rekor mendapat ucapan selamat dari Jurassic World. Produser Jurassic World Frank Marshall mengunggah ucapan selamat di Twitter-nya. Plus gambar dinosaurus T-rex yang mengalungkan medali pada droid bulat BB-8.

''Cheers to J.J., Kathy, para cast dan kru, serta tim marketing DIS/LFL!'' cuitnya. Pria yang merupakan suami Kathleen Kennedy, produser Star Wars, itu juga menyertakan tagar #TheForceAwakens dan men-tag akun Disney dan Star Wars(fam/co2/ayi/pda) 

BACA JUGA: Mengharukan, Pramugari di Tiongkok Menyuapi Penumpang Cacat sambil Menangis

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengintip Maria, Si Cantik Ketiga Dunia yang Suka Makanan Pedas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler