Sebuah hotel eko-wisata mahal, yang dibangun di dalam sebuah bangunan bekas hidro-listrik (stasiun pompa irigasi), yang terletak di Area Hutan Warisan Dunia, akhirnya resmi dibuka.

Pembangunan lokasi bernama ‘Pumphouse Point’ ini mentransformasi bangunan yang didirikan tahun 1940-an, yang terletak 200 meter dari bibir pantai Danau St Clair, danau terdalam di Australia.

BACA JUGA: Suami Mantan Dubes Australia Terlibat Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

Stasiun pompa ini sudah menganggur sejak tahun 1990-an ketika ia akhirnya dinonaktifkan.

BACA JUGA: Aktivis Aborigin Diadili di Canberra Karena Duduki Rumah Milik Pemerintah

Menteri Utama Tasmania, Will Hodgman, meresmikan situs eko-wisata ini, memuji kegigihan pengembang yang menghabiskan lebih dari satu dekade untuk mendapat dukungan dan persetujuan yang dibutuhkan.

"Pumphouse Point menawarkan pengalaman khusus tentang sejarah stasiun pompa, serta akses ke warisan alam yang spektakuler," katanya.

BACA JUGA: Ratusan Wanita Australia Tertipu Kencan Online Setiap Tahun

Ia menjelaskan, "Pemerintah menyambut baik dan mendorong pembangunan yang masuk akal dan menarik seperti di ‘Pumphouse Point’, yang memungkinkan wisatawan dan penduduk lokal untuk merasakan pengalaman padang gurun Tasmania yang luar biasa, dan untuk membantu mengubah Tasmania menjadi ibukota pariwisata lingkungan dunia."

Pembangunan ‘Pumphouse Point’ ini diharapkan menjadi awal dari gelombang baru pembangunan taman nasional di Tasmania. Pemerintah Negara Bagian Tasmania sendiri tengah mencoba untuk membuat proses izin pembangunan lebih mudah bagi para pengembang swasta.

Pemerintah Tasmania, baru-baru ini, menerima sekitar 40 pengajuan untuk usaha pengembangan wisata dan kini tengah menyeleksi puluhan tawaran investasi tersebut.

Sebelumnya, kelompok aktivis lingkungan sempat menentang pembangunan ‘Pumphouse Point’. Mereka khawatir hal ini akan menimbulkan lebih banyak pengembangan wisata komersil di lingkungan Situs Warisan Dunia.

Tapi Will mengatakan, situs ini adalah contoh sempurna atas bagaimana pariwisata di dalam taman nasional bisa dikelola dengan baik.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Rumah di Australia Dekati Rekor Termahal di Dunia

Berita Terkait