Stok Darah Hingga Akhir Tahun Aman

Jumat, 21 Desember 2012 – 09:23 WIB
MALANG-Stok darah PMI Kota Malang menjelang natal dan tahun baru stabil.  Kendati harus memasok darah ke berbagai rumah sakit di Kota Malang, PMI mengimbau warga agar tak perlu kawatir dengan persediaan darah.

Ketua PMI Kota Malang, Bambang PU mengatakan, disetiap akhir tahun biasanya terjadi peningkatan permintaan darah. Salah satu penyebabnya yakni meningkatnya angka kecelakaan.

“PMI tetap memberi pelayanan dan berupaya agar stok darah tetap stabil sehingga bisa memenuhi permintaan rumah sakit  yang dilayani PMI,” jelas Bambang yang juga Wawali Kota Malang ini, Kamis (20/12).

Dia menjelaskan, kebutuhan darah warga Kota Malang dalam kurun waktu satu tahun ini mencapai 20 ribu kantong darah.  Namun dalam waktu setahun, PMI bisa mendapat  50 ribu kantong darah. “ Jadi masih cukup  persediaan darah," ujarnya.

Sedangkan sisa darah  sekitar 30 ribu kantong darah, kata  Bambang, digunakan untuk menutupi kebutuhan darah di beberapa  rumah sakit.  Diantaranya  Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), RST Soepraoen  dan   rumah sakit lainnya.

“Sedangkan rumah sakit di Kota Malang tak hanya melayani warga dalam kota saja, tetapi juga banyak pasien dari luar Malang. Kita   bisa memenuhi  kebutuhan darah pasien dari luar Malang,” kataya.

Ketersediaan darah yang cukup di PMI Kota Malang ini karena   tak lepas dari antusias warga Malang  yang  mendonorkan darahnya. Bahkan warga kota pendidikan ini sudah menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup.

Fenomena donor darah sebagai  gaya hidup ini tampak pada antusiasnya warga mendonorkan darahnya secara sukarela. Banyaknya pendonor darah juga didominasi oleh generasi muda. 

Hal ini tampak pada gerai donor darah milik PMI Kota Malang  di MOG. Selain shoping dan kongkow-kongkow, kaum muda biasanya mampir ke gerai donor darah MOG untuk mendonorkan darahnya. (van)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gubernur, Wagub, Sekda, Masih Terima Upah Pungut

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler