Stoner Tak Tersentuh

Minggu, 15 Mei 2011 – 07:29 WIB

LE MANS - Keperkasaan mesin Honda kembali terbukti di sesi kualifikasi MotoGP PrancisPembalap Repsol Honda Casey Stoner menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Sabtu (14/5)

BACA JUGA: Jose Mourinho Terpikat Chicharito



Pembalap Australia itu pun meraih pole position ketiganya di musim 2011

Stoner memimpin posisi start empat besar yang diduduki para pembalap dengan motor Honda RC212V di Prancis

BACA JUGA: Bebaskan Pemain dari Agenda Latihan

Pembalap tim satelit Honda Gresini, Marco Simoncelli, menempel dengan ketat di posisi kedua
Stoner mencatatkan waktu 1 menit 33,153 detik, sementara Simoncelli hanya tertinggal 0,059 detik lebih lambat

BACA JUGA: Bupati Malang Siap Berebut Ketum PSSI



Beda catatan waktu yang tipis tersebut menjadi sinyal bakal ketatnya balapan hari iniApalagi, Stoner menyimpan ambisi meraih kemenangan pertama di Le MansTujuan lainnya adalah menaikkan posisi di klasemen sementara yang saat ini hanya di peringkat ketigaDia masih tertinggal dari pembalap Yamaha Jorge Lorenzo dan rekan setimnya Dani Pedrosa.

Stoner, Lorenzo dan Pedrosa sudah memenangkan masing-masing satu balapan musim iniNamun, poin Stoner tertinggal cukup jauh dari Lorenzo yang berada di puncak serta PedrosaStoner baru mengemas 41 poin, sementara Lorenzo 65 poin dan Pedrosa 61 poin.

Stoner meraih kemenangannya dibalapan perdana, di QatarSelanjutnya, masalah saat balapan mengakrabinya.  Di balapan berikutnya yang berlangsung di Jerez, Spanyol, dia mengalami nasib sial ketika di-sliding  Valentino Rossi hingga gagal finisSementara di Estoril, Portugal, Stoner mengalami masalah pada kopling.

Modal besar memang didapatkan Stoner sepanjang akhir pekanDia menguasai tiga sesi latihan sebagai yang tercepatDengan catatan waktu yang terus mengalami peningkatan, dia mendominasi sesi kualifikasi dari awal hingga akhir.

"Setting motor dalam keadaan bagus sejak kami tiba, semua terasa bagusKami harus bisa memanfaatkan kondisi positif ini saat balapanTak boleh kehilangan banyak poin lagi," kata Stoner seperti dikutip situs resmi MotoGP.

Simoncelli juga memberikan sinyal waspada kepada para rivalnyaPembalap yang selalu dirundung nasib sial dalam dua seri terakhir itu, tentu tak mau gagal finis lagiSebuah indikasi bahwa Simoncelli akan jadi saingan terberat pada balapan nanti, karena dia juga konsisten di belakang Stoner selama sesi latihan.

Tim Honda menunjukkan dominasinya sepanjang akhir pekan iniSebab, di belakang Simoncelli, ada rekan setim Stoner di Repsol Honda, yaitu Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa.

Di belakang pasukan Honda secara berturut-turut ada para pembalap Yamaha dan tim satelitnya, Yamaha Tech 3Lorenzo harus puas di posisi kelimaDia lebih cepat dari duo Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Colin Edwards, serta rekan setimnya, Ben Spies, yang ada di urutan kedelapan.

Hasil mengecewakan diraih pembalap Ducati, Valentino Rossi dan Nicky HaydenRossi, yang selama akhir pekan ini mengalami kesulitan karena tak mampu bersaing dengan para rivalnya, hanya mampu berada di urutan sembilanMeski demikian, pemilik julukan The Doctor itu masih lebih baik dari Hayden, yang sebenarnya dalam dua latihan terakhir cukup menjanjikan dengan berada di posisi lima besarDalam kualifikasi, Hayden hanya mampu di urutan kesepuluh.

Selama kualifikasi ada dua insidenPertama dialami Randy de Puniet pada Tikungan 12 karena bannya masih dingin di awal sesi, kemudian kecelakaan berikutnya dialami pembalap LCR Honda Toni Elias, yang secara dramatis jatuh di Tikungan 8, tetapi tidak mengalami cedera(ady/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejurnas Judo Didominasi Atlet Pelatnas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler