Studi: Yoga dan Meditasi Menguatkan Kerja Otak

Senin, 10 November 2014 – 12:44 WIB
Studi: Yoga dan Meditasi Menguatkan Kerja Otak. Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Saat ini senam yoga semakin banyak di gandrungi oleh banyak masyarakat kita. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa gerakan yang ada pada senam yoga yang dipercaya mampu memberikan perubahan/dampak positif bagi kesehatan tubuh serta pikiran.

Nah, kini ada satu lagi manfaat yoga dan meditasi loh. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa yoga dan meditasi ternyata juga bisa mempertajam kemampuan otak anda.

BACA JUGA: Ini 5 Cara Cepat Atasi Kecemasan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah TECHNOLOGY, peneliti dari University of Minnesota mempelajari pola pembelajaran dari dua kelompok, 12 orang yang berlatih yoga atau meditasi selama satu tahun setidaknya dua kali seminggu selama satu jam dan 24 orang sehat yang jarang melakukan yoga dan meditasi.

Para peneliti mempelajari aktivitas otak para peserta karena mereka menggunakan gerakan tangan kiri dan kanan untuk memindahkan kursor di layar komputer.

BACA JUGA: 4 Cara Kebiasaan Makan Melawan Peradangan

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga dan meditasi belajar tiga kali lebih cepat daripada mereka yang jarang melakukan yoga dan meditasi. Mereka juga dua kali lebih mungkin untuk menyelesaikan tugas setelah 30 percobaan dibandingkan dengan mereka yang jarang melakakan yoga dan meditasi.

"Studi komprehensif ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa dengan melakukan yoga dan meditasi maka kemampuan otak anda akan semakin meningkat," kata profesor teknik biomedis, Bin He, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (9/10).

BACA JUGA: Kostum Kasual untuk Naik Moge

Para peneliti mengatakan temuan ini dapat membantu dokter membantu penyandang cacat fisik dan lumpuh yang harus bergantung pada otot mental mereka untuk mengoperasikan perangkat seperti kursi roda dan kaki palsu.

"Tujuan utama kami adalah untuk membantu orang-orang yang lumpuh atau memiliki penyakit otak mendapatkan kembali mobilitas dan kemandirian," kata Bin He.

"Kita perlu melihat segala kemungkinan untuk meningkatkan jumlah orang yang bisa mendapatkan manfaat dari penelitian kami," pungkasnya. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Mengonsumsi Makanan Manis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler