Sudah Jalankan Perintah Nabi, Prabowo Belum Memenuhi Tawaran Jadi Khatib Salat Jumat

Jumat, 24 November 2023 – 15:55 WIB
Capres Pilpres 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, SURABAYA - Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti yang dikenal suka humor mencandai capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.

Mahaguru ilmu pendidikan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu sempat menawari Prabowo menjadi khatib salat Jumat.

BACA JUGA: Hormati Undangan NU dan Muhammadiyah, Prabowo-Gibran Berbagi Tugas

Mu’ti melontarkan candanya tersebut saat menjadi moderator pada Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Capres-Cawapres di Surabaya, Jumat (24/11/2023).

Namun, dialog publik yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surabaya  (UMS) itu tanpa kehadiran Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo.

BACA JUGA: Salat Jumat Bareng dengan Jokowi di Masjid Syeikh Zayed, Ganjar: Saya Diminta...

Setelah memperkenalkan Prabowo dan memintanya naik ke panggung, Mu’ti menjelaskan makna nama tokoh yang kini menjadi menteri pertahanan itu.

“Prabowo itu kalau saya baca di Google, artinya berwibawa. Saya baca lagi, Prabowo itu nama pilihan untuk anak laki-laki,” ujar Mu’ti disambut aplaus.

BACA JUGA: Ganjar & Mahfud Hadiri Dialog Muhammadiyah, Dipuji Pak Haedar, Dicandai Mas Mu’ti

Penulis buku 'Kristen Muhammadiyah' itu juga menyinggung soal hobi Prabowo, yakni berkuda. Mu’ti menyebut berkuda, memanah, dan berenang merupakan olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

“Jadi, Pak Prabowo sudah mengamalkan perintah Nabi, yaitu berkuda,” ucap Mu’ti ditimpali aplaus dan tawa hadirin.

Mu’ti menganggap kegemaran Prabowo itu berbeda dengan kuda masyarakat Ponorogo, yakni kuda lumping. “Tidak termasuk yang dianjurkan Nabi,” kelakar Mu’ti kembali mengundang tawa.

Syahdan, pria asal Kudus, Jawa Tengah, itu menjelaskan soal Dialog Terbuka Muhammadiyah dengan Prabowo itu harus sudah berakhir sebelum salat Jumat.

Menurut Mu’ti, sebenarnya dirinya sempat bernegosiasi dengan Prabowo agar ketua umum Partai Gerindra itu melaksanakan salat Jumat di UMS.

“Hampir saya tawari Pak Prabowo khotbah (jadi khatib salat Jumat, red),” kata Mu’ti lagi-lagi mengundang tawa hadirin.

Prabowo yang duduk di panggung tampak tersenyum sembari menggoyang-goyangkan kepalanya yang berpeci.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak yang kini menjadi juru bicara Prabowo juga ikut tersenyum mendengar kelakar Abdul Mu’ti.

Namun, Prabowo tidak bisa menerima tawaran dari Mu’ti. Tim Prabowo menyebut capres bernomor urut 2 itu harus segera kembali ke Jakarta untuk menghadiri acara lain.

“Sehingga nanti khotbahnya kalau ditakdirkan (ketika) Bapak (Prabowo) menjadi presiden saja,” kata Mu’ti disambut tepuk tangan.(jpnn.com)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cuma Gibran yang Tak Bisa, Ada Isinya Apa Kosong?


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler