Sukarelawan Sahabat Sandi Berikan Peluang Usaha Bagi Mak-Mak Nelayan

Jumat, 16 Juni 2023 – 00:12 WIB
UMKM Sahabat Sandi memberikan pelatihan cara membuat sabun cuci kepada mak-mak. Dok: Sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, PADANG - Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi berusaha menggerakan ekonomi keluarga dengan berbagai inspirasi dan peluang usaha. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan.

Hal ini pun diterapkan kepada masyarakat di pesisir Kota Padang yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

BACA JUGA: Pramono Menyinggung Sandiaga Uno, Presiden Jokowi Tersenyum

Sebab, pendapatan dari tangkapan ikan dan melaut terkadang kurang maksimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Taufik Hidayat mengatakan pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kota Padang, terutama ibu rumah tangga.

BACA JUGA: Ganjar Sejati Jabar Gelar Pelatihan Pembuatan Tahu Untuk Bangkitkan UMKM

Dikarenakan apresiasi dari peserta pelatihan sangat tinggi, mereka gerak cepat dengan mengikuti instruksi dari para mentor untuk memulai berwirausaha.

Taufik menyatakan program ini dapat mempercepat harapan Sandiaga Uno dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Resmi Jadi Kader PPP, Datang Disambut Rebana dan Salawat

"UMKM Sahabat Sandi mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci yang bertujuan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat," ujar dia dalam siaran persnya, Kamis (15/6).

Melalui dorongannya, Sandiaga Uno ingin menciptakan peluang bagi UMKM di Indonesia secara luas. Maka, program ini dapat menjadi bukti bahwa para ibu rumah tangga bisa lebih kreatif dalam menambah pendapatan ekonomi keluarga.

"Kami mengenal Pak Sandiaga Uno sebelum menjadi menteri, beliau penggerak ekonomi untuk menciptakan UMKM-UMKM di Indonesia secara luas," ujar dia.

Peserta pelatihan menunjukkan telah memahami proses pembuatan sabun cuci untuk mencoba lebih jauh secara mandiri. Mereka juga termotivasi untuk menjadikan keterampilannya sebagai peluang usaha sampingan guna meningkatkan penghasilan keluarga.

Sementara peserta pelatihan Moni (42) menyampaikan program Sandiaga Uno sangat bermanfaat untuk menambah ide wirausaha. Dia juga menambahkan, ingin membuka usaha sabun cuci bersama ibu-ibu Kota Padang.

"Insyallah ilmu dari pelatihan sabun cuci dapat saya jalankan untuk penghasilan keluarga, apalagi suami saya seorang nelayan belum tentu setiap melaut dapat ikan," ujar dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Warga Bogor Menyerbu Bazar Sembako Murah yang Diadakan UMKM Sahabat Sandi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler