Sukhoi SJ-100 Tetap Boleh Masuk Indonesia

Rabu, 28 November 2012 – 20:31 WIB
JAKARTA – Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kapuskom Kemenhub) Bambang S.Ervan memastikan, pesawat komersial Sukhoi jenis SJ-100 telah teregistrasi di Kemenhub. Sertifikasinya juga dipastikan telah keluar. 

Dengan demikian pihak perusahaan Sky Aviation, menurut Bambang, dapat segera mendatangkan pesawat-pesawat yang dipesan ke tanah air, dimana direncanakan nantinya akan melayani rute-rute penerbangan di dalam negeri.

“Sertifikasinya tipe A-901, itu minggu lalu sudah keluar. Jadi pesawat Sukhoi ini sudah teregistrasi di Kemenhub,” katanya di Jakarta, Rabu (28/11).

Namun sertifikasi tipe A-901 ini baru terkait pemeriksaan tempat asal pesawat tersebut diproduksi. Oleh karena itu, saat pesawat nantinya tiba di tanah air, Kemenhub tentu masih akan tetap melakukan serangkaian tahapan pemeriksaan lainnya.

“Jadi nanti kita masih memeriksa masing-masing bagian pesawat tersebut. Apakah sudah sesuai spesifikasi atau belum. Setelah itu barulah Kemenhub mengeluarkan aircraft sertificate," katanya.

Sebagaimana diketahui, pesawat Sukhoi jenis SJ-100 ini sendiri pernah jatuh di wilayah Bogor saat melakukan uji terbang (joy flight) pada Rabu (9/5) lalu. Akibatnya, 45 orang dinyatakan tewas.

Uji terbang dilakukan  setelah pihak PT.Sky Aviaton menandatangani kontrak pembelian atas 12 pesawat dengan nilai kontrak yang mencapai US$380,40 juta. Namun peristiwa kecelakaan sama sekali tidak membatalkan niat perusahaan tetap melakukan pembelian. Direncanakan Desember mendatang, satu pesawat dipastikan telah tiba di tanah air.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seriusi Pasar IT, Anak Perusahaan Telkom Genjot Transformasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler