Sukses berkat Jurus Zona Anti-Gorengan dan Tarian Rancak

Tiga Tahun Michelle Obama Kampanye Perangi Obesitas pada Anak-Anak

Minggu, 03 Maret 2013 – 06:32 WIB
Michelle Obama. Foto: Telegraph
Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama kian gencar berkampanye keliling negeri untuk memerangi obesitas pada anak-anak. Dia sama sekali tak segan menari rancak di depan publik untuk menarik simpati masyarakat demi program "Ayo Bergerak" yang diluncurkan sejak tiga tahun lalu tersebut.

= = = = = = = = =


LIHATLAH aksi Michelle dalam sebuah program televisi lokal AS pada 26 Februari lalu. Penampilan anggun dan tenang yang biasanya menjadi ciri khas istri orang nomor satu negeri Paman Sam itu tiba-tiba hilang. Dia larut dalam gerakan tarian dinamis bersama pemandu acara ternama Jimmy Fallon.
 
Tarian tersebut memang populer di kalangan ibu-ibu di AS. Ibu dua anak itu terlihat tidak canggung menggoyangkan badannya mengikuti irama. Rangkaian kampanye tersebut sudah dilakukan perempuan 49 tahun itu beberapa tahun terakhir. Februari lalu, program kampanye dengan anggaran USD 150 juta tersebut genap berusia tiga tahun.
 
Misi kampanye pemilik nama lengkap Michelle LaVaughn Robinson Obama itu adalah mengajari anak-anak bergerak aktif untuk menghindari obesitas. Tari dengan gerakan meliputi seluruh bagian tubuh tersebut disebut "Evolusi Tarian Ibu-Ibu" atau "The Evolution of Mom Dancing". "Michelle menunjukkan sisi humorisnya," tulis MSNBC mengomentari aksi ibu negara ke-44 tersebut.
 
Dalam video itu, Fallon tampil kali pertama dengan dandanan sederhana layaknya ibu-ibu rumah tangga AS. Penampilan salah seorang komedian paling tersohor AS tersebut semakin kocak dengan mengenakan rambut palsu panjang.
 
Setelah memperkenalkan tarian lincah tersebut dan mulai bergerak beberapa saat, tiba-tiba Michelle naik ke panggung dan ikut bergoyang di samping Fallon. Lulusan Fakultas Hukum Harvard University tersebut mengenakan sepatu flat merah untuk memudahkan gerakan lincahnya.
 
Gerakan tari tersebut memang "sangat ibu-ibu". Sebab, gerakannya terinspirasi aktivitas ibu-ibu sehari-hari. Misalnya, mendorong kereta belanja, memasak, menjemur pakaian, dan mengepel. "Dia ibu negara yang hot," ujar Fallon di tengah gerakannya menari bersama Michelle.
 
Aksi tersebut dilakukan keliling AS. Rangkaian kampanye itu tiba di negara bagian Mississippi Rabu (27/2) waktu setempat atau Kamis (28/2) WIB. Di Kota Clinton, pemilik tinggi 180 sentimeter itu memuji keberhasilan otoritas lokal yang berhasil menurunkan jumlah penderita obesitas anak-anak hingga 13 persen dalam lima tahun terakhir.
 
Alasan itu pula yang membuat Michelle memilih Mississippi sebagai tujuan pertama dalam lawatan dua harinya berkampanye antiobesitas "Ayo Bergerak". Dalam pidatonya di sebuah sekolah dasar di dekat Jackson, ibu negara mengutip data penelitian terakhir yang menunjukkan bahwa rata-rata obesitas anak di negara bagian tersebut menurun 13,3 persen pada 2005-2011.
 
"Yang terjadi di Mississippi adalah apa yang ingin dicapai gerakan "Ayo Bergerak" ini," ujarnya di depan undangan para pejabat lokal, ahli nutrisi sekolah, serta orang tua murid. Dia meminta semua pihak mempertahankan capaian mereka.
 
"Ini adalah cerita sukses yang telah Anda semua capai dan ingin kami tularkan. Cerita yang ingin kami kisahkan di setiap negara bagian di seantero negeri ini," ucapnya.
 
Saat Michelle pertama berkunjung ke Mississippi tiga tahun lalu, wilayah tersebut baru dinyatakan sebagai negara bagian paling banyak terdapat kasus obesitas pada anak-anak. Namun, kondisi itu mulai berubah dalam waktu cukup singkat.
 
Banyak gereja di wilayah tersebut yang bahkan membentuk zona "tanpa gorengan" untuk para jemaatnya. Di sana hanya ada makanan sehat dan tidak diperbolehkan adanya gorengan. "Tidak ada alasan program di beberapa kota dan negara bagian gagal jika kita mau bekerja," tegas Nyonya Obama.
 
"Jadi, sekaranglah saatnya untuk benar-benar melipatgandakan upaya kita. Kita tahu apa yang bisa dikerjakan. Kita melihatnya di sini (Mississippi). Kita tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil baik. Sekarang kita tinggal meningkatkannya," ujarnya. (cak/c5/ami)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Potong Anggaran Rp 821 Triliun

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler