Sukses Pemilu Penting untuk Pertumbuhan Demokrasi

Kamis, 21 Februari 2019 – 14:48 WIB
Forum Penguatan Demokrasi Indonesia untuk Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 yang dihelat di Hotel Horison Ultima Bandung, Rabu (20/2), berjalan sukses. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANDUNG - Forum Penguatan Demokrasi Indonesia untuk Menyukseskan Pemilu Serentak 2019 yang dihelat di Hotel Horison Ultima Bandung, Rabu (20/2), berjalan sukses.

Kasubdit Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan. Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Didi Sudiana menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Rumah Sakit Jiwa HB Saanin Siapkan 150 Kamar Buat Caleg Gagal

Menurut Didi, acara itu memiliki arti penting. Salah satunya sebagai upaya memperkuat kelembagaan Pokja Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Jawa Barat dalam menyusun strategi dan rencana aksi  peningkatan pencapaian.

“Forum ini merupakan salah satu media dalam memberikan pemahaman terkait langkah-langkah peningkatan kualitas demokrasi dalam menyukseskan Pemilu 2019,” kata Didi.

BACA JUGA: Lewat Lagu, Cokelat Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara di Pemilu 2019

Hasil capaian pengukuran IDI pada 2017 ialah sebesar 72,11 atau mengalami kenaikan 2,02 poin dibandingkan 2016 yang sebesar 70,09.

BACA JUGA: Elektabilitas Parpol di Milenial: PDIP Leading, Perindo Parpol Anyar Paling Moncer

Meskipun capaian itu masih dalam kategori sedang, tetapi mengindikasikan ada upaya perbaikan yang senantiasa dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Capaian skor IDI Provinsi Jawa Barat pada 2017 ialah 68,78 poin atau mengalami kenaikan dibandingkan 2016 yang sebesar 1,96 poin.

Didi menambahkan, keakuratan data yang disajikan dari skor IDI dapat semakin diakui oleh semua pihak dan kalangan masyarakat.

Syaratnya, semua pihak/lembaga yang terkait di dalamnya dapat memahami dengan jelas akan interpretasi data IDI.

“Namun, harus diakui bahwa tidak ada metodologi yang sempurna. Yang terpenting ialah bagaimana hasil pengukuran data IDI dapat diinterpretasikan dan memiliki manfaat yang dapat dirasakan dalam pembangunan demokrasi,” tambah Didi.

Didi menambahkan, pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 merupakan sejarah bagi Indonesia.

“Semoga pemilu yang dilaksanakan secara serentak dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar,” tutur Didi. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Luqman Hakim: PKB Targetkan Jokowi- Ma’ruf Menang di Jateng


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler