Sulit Berharap dari Wasit

Sabtu, 12 Mei 2012 – 12:46 WIB

FANS Manchester City sempat protes ketika Howard Webb menjadi wasit laga tim kesayangannya di kandang Newcastle United pekan lalu (6/5). Itu tak lepas dari imej Webb yang dikenal sebagai wasit yang kerap berpihak kepada Manchester United.

Tapi, kekhawatiran itu tidak terbukti. Wasit final Piala Dunia 2010 tersebut tidak membuat keputusan aneh-aneh alias merugikan City. Di musim ini, Webb lima kali menjadi wasit laga City dengan hasil empat kemenangan dan sekali seri.

Catatan itu lebih baik dibandingkan hasil laga United ketika diwasiti Webb yang pernah sekali kalah, sekali seri dan tiga menang. Karena itu, ketika Webb terpilih sebagai pengadil lapangan laga United di kandang Sunderland (13/5), belum tentu wasit berkepala plontos tersebut berpihak kepada tim tamu.

Rapor Webb musim ini juga jauh dari kontroversi. Dari 46 pertandingan, wasit berkepala plontos tersebut mengeluarkan 154 kartu kuning dan lima kartu merah. Itu pun hanya tiga kartu merah yang dikeluarkannya di pentas Premier League.

Sementara untukManchester City versus Queens Park Rangers (QPR), wasit yang terpilih adalah Mike Dean. Wasit 43 tahun itu sudah memimpin empat laga City musim ini dan semuanya home. Kali terakhir adalah ketika City menang 2-1 atas Chelsea (21/3).

Dean-lah yang mungkin membuat fans United harap-harap cemas. Pada 3 April 2010 di Old Trafford, dia dianggap sebagai biang kegagalan United merebut juara setelah tiga kali mengabaikan klaim penalti Setan Merah " sebutan United " saat kalah 1-2 dari Chelsea.

Namun, FA meyakini apabila mereka telah menunjuk wasit yang tepat untuk dua laga terakhir dua klub Manchester. "Wasit yang terpilih adalah yang terbaik Inggris saat ini dan berpengalaman memimpin laga besar baik di level domestik maupun internasional. Kami yakin mereka akan menjalankan tugasnya dengan baik". Demikian rilis FA di situs resmi organisasi. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gairahkan Basket Jawa Tengah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler