Sumbar Kembali Gelar TdS 2012

Selasa, 15 Mei 2012 – 03:29 WIB

JAKARTA  - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar mengatakan salah satu tujuan dari penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat yang telah mendapat sambutan hangat dari mancanegara.

Hal tersebut dikatakan Sapta Nirwandar saat Launching Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, kantor Kementerian Parekraf, Jakarta, Senin (14/5).

"Banyak respon positif yang datang dari mancanegara tentang hebatnya TdS yang sudah berlangsung berturut-turut selama tiga kali semenjak tahun 2009. Pada tahun 2012 TdS kembali hadir di Sumatera Barat yang akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 10 Juni mendatang," ujar Sapta Nirwandar.

Bahkan lanjutnya, dari sisi pemberitaan event TdS 2011 memiliki nilai berita yang sangat tinggi karena tercatat lebih dari seribu berita di media yang menulis soal TdS.

Karena itu, untuk TdS IV-2012 ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali mengundang Amaury Sport Organization (ASO) penyelenggara Tour de France salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia, untuk hadir dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan TdS 2012.

"Pada tahap persiapan, ASO bersama Kemenparekraf, PB ISSI dan Pemda Sumbar terlibat aktif dalam pembuatan rancangan rute etape TdS 2012," imbuh Sapta Nirwandar.

TdS IV-2012 terdiri 7 etape berjarak 854 km melewati 14 kabupaten/kota di Sumbar. Etape 1 Kota Sawahlunto-Sawahlunto, etape 2 Muaro Sijunjung - Lembah Arau, etape 3 Payakumbuh Istano Pagaruyung, etape 4 Sicincin Anai Golf - Bukittinggi, etape 5 Padang Panjang - Singkarak, etape 6
Pariaman - Painan dan etape 7 Padang Circuit Race.

Kabupaten dan kota yang akan dilalui adalah Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten 50 Kota, Kota Payakumbuh, kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

TdS diikuti 250 pebalap sepeda dari 17 negara yakni Jepang, Iran, Singapore, Australia, Uzbekistan, Kirgiztan, Rusia, Taipe, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Prancis, Vietnam, Malaysia dan Indonesia yang menurubkan 7 tim nasional.

Pebalap mancanegara tergabung dalam 18 Tim terdiri Aisan Racing Team, Azad University Cross Team, OCBC Singapore Contoinental Cycling Team, Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team, Uzbekistan Suren Team, Eddy Holands Bicycle Service, Tabriz Petrochemical Team, Action Cycling Team, Plan B Racing Team, CCN Cycling (ACT), Colossi Miche Team, Australian National Team, Trengganu Pro, Japan Cycling Federation, Pre Black Racing Team, Budget Forklifts serta 2 tim lain yang masih dalam konfirmasi.

Sementara tim nasional yang ikut ambil bagian adalah Polygon Sweet Nice, Araya, Putra Perjuangan, Warung Sego Penyetan, Custom Cycling Club, Binong Baru Club Pessel dan Sumatera Barat.

Hadir pada Launching TdS 2012 antara lain Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Muslim Kasim, anggota DPD RI asal Sumbar Emma Yohana dan dua anggota DPR asal Sumbar H Taslim Chaniago dan Refrizal serta 14 kepala daerah yang wilayahnya dilalui. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fergie: City Layak Juara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler