Superbike Terbaru Moto Guzzi Terinspirasi dari Jet Tempur F-35B

Minggu, 02 Juli 2023 – 16:06 WIB
Moto Guzzi V100 Mandello. Foto: Piaggio

jpnn.com, JAKARTA - Superbike Moto Guzzi V100 Mandello akhirnya debut untuk pasar Asia Pasifik pada 22–24 Juni 2023, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Acara berlangsung di Piaggio Group Motoplex, Petaling Jaya.

BACA JUGA: Moto Guzzi V9 Bobber Special Edition Melantai di EICMA 2022

Moto Guzzi V100 Mandello hadir dengan banyak pilihan versi dan warna yang tersedia, seperti V100 Mandello reguler, V100 Mandello S, dan V100 Mandello Aviazione Navale.

Varian terakhir merupakan hasil kolaborasi dengan Angkatan Udara Italia.

BACA JUGA: 4 Motor Premium Terbaru dari Aprilia dan Moto Guzzi Sudah Bisa Dipinang, Simak Nih!

Secara desain, Mandello Aviazione Navale hadir dengan skema warna yang terinspirasi dari jet tempur F-35B.

Pengerjaan catnya disimulasikan secara realistis. Menariknya unit khusus tersebut hanya diproduksi sebanyak 1.900-an unit saja.

BACA JUGA: Moto Guzzi V9 Series dapat Penyegaran, Tenaga Mesin Kian Gahar

Moto Guzzi V100 Mandello dibekali mesin 1.042 cc, DOHC, berkonfigurasi V-Twin 90 derajat, pendingin cairan, dan pengabut injeksi.

Adapun mesin yang dipakai pada V100 adalah pengembangan terbaru yang diklaim berbeda dari model yang sudah ada sebelumnya.

Dengan spesifikasi tersebut, superbike itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 115 Hp pada 8.700 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 6.750 rpm.

Keseluruhan output kemudian disalurkan ke roda belakang dengan sistem ride-by-wire 6-percepatan.

Beralih ke suspensi depan sudah memakai upside down 41 mm dengan fungsi pengaturan preload dan rebound.

Di bagian belakang dibekali tipe monoshock dengan sistem pengaturan preload dan rebound.

Pada varian tertinggi, yakni V100 Mandello S dan Mandello Aviazione Navale ditanamkan peredam yang lebih advanced dengan komposisi di depan pakai upside down 43 mm garapan Ohlins Smart EC.2.0 dengan fungsi semi-active compression and rebound damping.

Bagian buritan ditanami monoshock full pengaturan dari Ohlins TTX Smart EC2.0 dengan semi-active compression and rebound damping, serta remote preload adjustment.

Selanjutnya khusus yang varian S juga terdapat fitur TPMS, pemanas handgrip, Moto Guzzi MIA, quick shifter up & down dan pakai livery dua warna.

Versi S terdapat pilihan warna Verde 2121 (hijau) dan Grigio Avanguardia (grey) yang dikombinasi dengan pelek warna matt black.

Sementara itu, di varian standar ada pilihan warna Bianco Polare (putih) dan Rosso Magma (merah) yang dikombinasi dengan pelek warna satin gold.

"Melalui peluncuran ini, Moto Guzzi menegaskan komitmennya untuk menghadirkan lini kendaraan terdepan sekaligus memperkuat keberadaannya di kawasan Asia," ungkap Head of Marketing, Piaggio Group Asia Pacific, Nicola Capello, dalam keterangannya. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Moto Guzzi V85TT Resmi Melantai di Indonesia, Sebegini Harganya


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler