Suplemen Alami Ini Solusi Melawan Kelelahan Kronis

Selasa, 27 Juni 2017 – 16:58 WIB
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - Sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome) adalah sebuah penyakit akibat kelelahan yang dialami melewati batas ketahanan tubuh manusia.

Penyakit ini akan mengakibatkan penderitanya mengalami kelelahan sepanjang waktu. Berbagai macam gelajanya seperti nyeri pada otot, nyeri pada sendi, sakit kepala dan juga mengalami kesusahan dalam berkonsentrasi.

BACA JUGA: Jangan Lupakan Suplemen, Makan Sehat Saja Tak Cukup

Gejala chronic fatigue syndrome tersebut dialami dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih.

Sama seperti penyakit fibromyalgia, sindrom kelelahan kronis akan membuat penderitanya menjadi lemah yang akhirnya akan membuat kualitas hidup mereka turun secara signifikan.

Hal ini bisa terjadi karena seseorang dengan penderita sindrom kelelahan kronis akan mengalami perubahan 180 derajat dari yang energik, ceria, indah menjadi lelah tanpa semangat. Itulah mengapa Anda perlu berhati-hati terhadap penyakit yang satu ini.

Jika Anda ingin secara alami melawan kelelahan kronis, suplemen bisa menawarkan solusi mudah untuk meningkatkan kesehatan Anda dan mengalahkan perasaan kelelahan yang terus-menerus.

Dikombinasikan dengan manajemen stres, nutrisi yang tepat dan kebiasaan tidur yang baik, suplemen ini bisa membantu mengatasi kelelahan dan membuat Anda kembali ke diri berenergi tinggi.

Berikut ini beberapa suplemen tersebut, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (26/6).

1. Vitamin B12

Vitamin yang larut dalam air ini memengaruhi tindakan dan fungsi otak dan sistem saraf.

Dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12, Anda mungkin menemukan peningkatan energi, konsentrasi, mood dan stamina tubuh.

Vitamin ini secara alami bisa ditemukan pada daging, ikan, telur dan susu tetapi juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen alami.

Selain mengatasi kelelahan, vitamin B12 mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, meningkatkan daya ingat dan bisa melindungi terhadap penyakit alzheimer.

2. Melatonin

Jika Anda berpikir kurang tidur mungkin berkontribusi pada kelelahan Anda yang konstan, suplemen melatonin mungkin bermanfaat.

Melatonin adalah hormon yang disekresikan oleh otak untuk membantu Anda tidur, namun jika Anda selalu mengalami masalah tidur, minum suplemen melatonin bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

Suplemen ini juga merupakan antioksidan kuat yang memiliki sifat anti kanker.

3. Vitamin D

Vitamin D membantu metabolisme dan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap fosfor dan kalsium.

Jika kekurangan vitamin D Anda mungkin mengalami kelelahan, energi rendah, masalah tidur, perubahan suasana hati dan gejala depresi.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dari matahari dan makanan berbasis hewan tertentu seperti kuning telur, salmon dan keju, tapi juga tersedia dalam bentuk suplemen sehingga lebih mudah diakses untuk vegan dan orang-orang yang menghabiskan waktu lama di kantor tanpa mendapatkan sinar matahari alami.

4. L-tirosin

Tingkat stres yang konstan dan intens bisa menyebabkan kelelahan, tapi selain berolahraga, meditasi dan diet yang benar, Anda bisa menggunakan suplemen alami untuk mengatasi stres.

L-Tirosin adalah asam amino yang menghasilkan noradrenalin dan dopamin untuk mengatasi stres.

Suplemen ini dapat diambil 30-60 menit sebelum stressor akut (seperti latihan, ujian atau wawancara kerja) agar Anda tetap tenang.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang membantu dalam berfungsinya tekanan darah dan sistem kardiovaskular Anda.

Bila Anda merasa lelah, mungkin karena kelenjar adrenal Anda sama lelahnya dengan Anda.

Asupan magnesium yang cukup bisa memulihkan kelenjar adrenal tersebut dan juga menghasilkan energi otot untuk mengatasi nyeri otot dan kelelahan.

Suplemen magnesium bisa bermanfaat untuk melawan kelelahan dan harus diminum di malam hari dikombinasikan dengan sesuatu yang asam seperti jus buah.(fny/fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler