Suporter PSPS Tewas, Suporter Medan Prihatin

Rabu, 13 Maret 2013 – 07:20 WIB
MEDAN - Bentrok antar suporter PSPS, Asykar The King dan Curva Nord yang berbuntut maut dengan tewasnya seorang suporter Asykar The King sangat disesalkan banyak pihak.

Keprihatinan juga dilontarkan kelompok suporter dari Medan, Suporter Medan Cinta Kinantan (SmeCK ) Hooligan.

Ketua Umum SmeCK Hooligan, Wahyudinata Simangunsong menyesalkan bentrokan itu bisa terjadi dan menyebabkan kematian.

“Itu sangat kami sesalkan. Dua kelompok suporter itu merupakan teman-teman dari kita. Perpecahan itu memang menimbulkan potensi kerusuhan yang besar. Apalagi banyak anggota merupakan anak-anak yang sulit dikontrol secara keseluruhan,” katanya.

Nata, sapaan akrabnya tak membantah jika potensi itu bisa muncul pada kelompoknya. Karena itu ia mewanti-wanti hal itu terjadi. Salah satunya dengan jarak dukungan yang tidak dekat ke Lubuk Pakam untuk mendukung PSMS.

“SMeCK juga melihat itu. Kami berhati-hati dengan dukungan ke Pakam ini. Sama dengan mereka (suporter PSPS-red) yang cukup jauh mendukung ke Kampar. Potensi rusuh itu bisa terjadi juga di jalanan,” jelasnya.

Nata juga berharap panitia penyelenggara berperan aktif untuk mengawasi tindakan suporter di stadion. “Harusnya memang ada peran Panpel terutama saat pertandingan di stadion. Tidak mungkin pengurus suporter mengawasi sendirian. Apalagi kalau hanya KTA sampai sebatas mana bentuk pertanggung jawabannya. Jadi harusnya panpel bisa mengakomodir,” bebernya.

Bentrok antar suporter juga kerap terjadi di Medan. Tiga kelompok suporter PSMS, SmeCK Hooligan, PSMS Fans Club dan KAMPAK FC kerap terlibat duel di luar lapangan. Syukurnya tak sampai ada korban jiwa.

Ini tentu menjadi pelajaran bagi semua pihak. Pengurus suporter juga harus bertindak tegas kepada anggotanya yang menyalahi aturan dan melakukan tindakan memancing kerusuhan yang mengakibatkan potensi bentrok.

“Kami juga memecat anggota yang sering buat onar. Jadi tindakan mereka tidak mencoreng nama suporter. Tindakan tegas harus dilakukan pengurus suporter,” katanya. (don)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saatnya Buka Jalan ke Final Four

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler