Surabaya Tuan Rumah Axiata Cup

Sabtu, 16 Maret 2013 – 19:44 WIB
SURABAYA - Surabaya mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah babak penyisihan kejuaraan bulu tangkis internasional beregu Axiata Cup 2013. Babak penyisihan di Kota Buaya akan digelar dua kali, yakni pada putaran pertama 21-24 Maret dan putaran kedua 29-31 Maret.

Sebanyak enam tim peserta mewakili negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Tuan rumah Indonesia bakal bersaing dengan Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Sedangkan dua tim lainnya merupakan tim All Star Asia dengan skuad berasal dari Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, dan India. Sedangkan "tim dari Eropa diperkuat oleh pebulutangkis dari Denmark, Spanyol jugaJerman.

Kejuaraan yang digelar pertama kali pada 2012 ini akan memakai format beregu campuran empat partai. Yakni masing-masing terdiri dari tunggal putra dan putri, ganda putra, dan ganda putri. Untuk ganda campuran ditiadakan. Untuk tahun lalu formatnya hanya beregu putra, yakni dua tunggal putra dan satu ganda putra.

Selain itu, sistem pertandingan memakai sistem setengah kompetisi dengan delapan tim akan saling bertemu. Empat tim peringkat teratas di klasemen akhir berhak lolos semifinal. Kemudian untuk selanjutnya diundi ulang untuk penentuan tim yang akan saling berhadapan dalam perebutan tiket final.

"Axiata Cup telah menjadi agenda rutin. Tujuan kami, yang utama ingin lihat bibit pebulutangkis di Asia," ujar Budi Wahyono,  Manager Management Promo XL East Region.

Untuk babak penyisihan bakal digelar tanggal 21-24 di DBL Arena Surabaya dan tanggal 29-31 di Surabaya "dan Malaysia. Sedangkan untuk babak semifinal dan final akan dilangsungkan tanggal 13-14 April di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Seperti tahun lalu, kejuaraan ini jadi turnamen yang menyediakan hadiah uang paling besar di dunia. Nilainya mencapai USD 1 juta atau sekitar Rp 10 miliar," tutur Hazad Khan, Manager Management Service XL East Region.

Selain para pemain top Asia Tenggara juga akan diikuti oleh para bintang All Star  Eropa dan Asia. Upaya tersebut tak lain untuk mempopulerkan bulu tangkis, tak hanya di Asia, tapi juga seluruh dunia. "Target kita ingin bulutangki semakin popular," imbuh Hazar Khan.

Pada Axiata Cup 2012, tim Indonesia Garuda yang diperkuat Taufik Hidayat dan Simon Santoso mengalahkan Indonesia Rajawali dengan skor 4-1 pada laga final dengan sistem home-away.

Sementara itu, hari ini diadakan coaching clinic bulu tangkis di Atrium Grand City Surabaya. Puluhan siswa SMA akan mendapatkan pengarahan langsung dari peraih emas olimpiade Ricky Subagja. Acara tersebut digelar dua hari, hari ini dan berakhir besok. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demi Bale, MU Siap Lepas Rooney

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler