Surat Suara untuk Yahukimo Baru Dikirim Pagi Tadi

Rabu, 09 April 2014 – 12:21 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik memastikan surat suara untuk Kabupaten Yahukimo, Papua, telah kembali dikirim Rabu (9/4) pagi, setelah sehari sebelumnya, Selasa (8/4), gagal dikirim akibat cuaca yang tidak memungkinkan.

"Kita sedang usahakan distribusi dari kecamatan sampai ke tempat pemungutan suara (TPS). Kalau sampai  siang (Rabu,red) bisa didistribusikan dengan merata, maka hari ini (dilakukan pemungutan suara). Kalau enggak dimungkinkan, maka besok (Kamis,red)," katanya di sela-sela menyalurkan hak pilihnya di TPS 014, RT 017 dan RT 019, Jalan H Samali, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (9/4).

BACA JUGA: Di TPS, Bu Ani Sibuk Bermain Kipas Mini

Menurut Husni, keputusan untuk menyatakan apakah pelaksanaan pemilu di Yahukimo ditunda atau tidak, dapat diambil oleh KPU Yahukimo setelah berkoordinasi dengan pihak-pihak berkepentingan lain.

"Tapi kalau (permasalahannya) lintas kabupaten, maka provinsi yang mengambil keputusan," katanya.

BACA JUGA: Tampil Sederhana, Dahlan Pakai Sandal Jepit ke TPS

Sebagaimana diketahui, dari 51 distrik yang ada di Kabupaten Yahukimo, 35 distrik hingga Selasa malam diketahui belum menerima logistik. Ada sejumlah kendala yang mengakibatkan terjadinya penundaan.

Antara lain, pelaksanaan proses adminitrasi pengadaan pelelangan distribusi logistik terlambat dilakukan karena ada penggantian sekretaris KPUD yang dilakukan Bupati Kabupaten Yahokimo. Sehingga penandatanganan kontrak baru bisa dilaksanakan 1 April 2014 lalu.

BACA JUGA: Yang Nyoblos Dapat Diskon Belanja Spesial Pemilu

Permasalahan lain, kondisi geografis yang sulit dan sangat ekstream. Kemudian keterbatasan armada yang melayani mengingat daerah pegununungan. Sehingga satu-satunya cara hanya dapat dikirim dengan menggunakan pesawat perintis. Namun apabila cuaca tidak memungkinkan maka pesawat tidak dapat beroperasi.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Negara Asing Pantau TPS di Depan Rumah Megawati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler