Survei DSI: Pedagang Pasar dan Mal Ingin Airlangga Menjadi Presiden 2024

Senin, 13 Maret 2023 – 14:56 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika Survei Indonesia (DSI) melakukan jejak pendapat terhadap pelaku usaha di pasar tradisional dan modern atau mal terkait preferensi terhadap dinamika politik dan ekonomi.

Direktur Eksekutif DSI Permadi Yuswiryanto mengatakan dalam penelitian ini terdapat tiga stakeholder yang terlibat, yakni primer (para pedagang pasar tradisional dan mal). Kemudian sekunder (para konsumen pasar tradisional).

BACA JUGA: Buka Rakernas Wushu dan Kickboxing, Airlangga Dorong Program Pembinaan Lebih Baik

Permadi menyebut survei dilakukan pada 25 Februari - 8 Maret 2023. Total responden sebanyak 2.280 orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

"Pengambilan sampel mengunakan metode multistage random sampling dan hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error 2,07 persen," kata Permadi dalam siaran persnya, Senin (13/3).

BACA JUGA: Hadir di Jagantara, Airlangga Ajak Anak Muda Jaga Keragaman Budaya Nusantara

Menurut Permadi, para stakeholder pasar dan mal mengaku sangat terdampak dengan pandemi Covid-19 selama dua tahun.

"Ketika ditanya tentang kebijakan pemerintah dalam menangani pemulihan aktivitas jual beli di pasar dan mal maka, sebanyak 89,9 persen merasa puas," ujar dia.

BACA JUGA: Survei CNN: Pelaku Usaha Ingin Airlangga Maju di Pilpres 2024

Kemudian, DSI menanyakan tokoh-tokoh yang dianggap berperan penting dan punya pengaruh dalam kebijakan ekonomi.

Hasilnya, Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling dikenal oleh 57,7 persen. Mereka sangat tahu dan menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Airlangga sebagai Menko Perekonomian.

"Kebijakan Ganjar Pranowo selama covid hanya diketahui oleh 8,9 persen stakeholder paasar dan mal. Kemudian kebijakan Prabowo Subianto hanya diketahui oleh 8,7 persen," beber dia.

Selanjutnya, para responden diberikan pertanyaan kriteria presiden yang diharapkan pada Pemilu 2024.

Hasilnya, sebanyak 70,2 persen menginginkan tokoh yang memang sudah mampu dan pengalaman serta sudah punya jam terbang yang tinggi untuk mengelola perekonomian nasional.

Kemudian, apabila pilpres digelar hari ini, maka sosok Airlangga menempati posisi teratas dengan elektabilitas 36,8 persen.

"Stakeholder pasar tradisional dan mal memilih Airlangga karena kebijakannya dan kemampuannya dalam memulihkan keadaan ekonomi sudah teruji," ungkapnya.

Sementara stakeholder pasar dan mal memilih Prabowo Subianto sebanyak 21,3 persen karena dianggap tegas. Lalu memilih Ganjar Pranowo sebanyak 7,2 persen karena dianggap merakyat.

Pengamat ekonomi dari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Yohan Fitriadi menilai wajar Airlangga menjadi tokoh yang paling dikenal oleh stakeholder pasar dan mal.

"Menko Perekonomian Airlangga Hartanto adalah tokoh yang mampu membawa pemulihan terhadap ekonomi nasional," kata dia.

Yohan menyebutkan pasar dan mal merupakan penggerak ekonomi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Kebijakan yang tepat yang dilakukan oleh Menko Perekonomian, dalam mempercepat stimulus ekonomi sudah terasa dampaknya bagi pengusaha pusat perbelanjaan.

"Dengan adanya hasil survei itu, membuktikan kebijakan Menko Airlangga memberikan manfaat bagi pengusaha serta UMKM di pasar dan mal," imbuhnya. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... PAN Sambut Positif Aspirasi KIB Usung Ganjar-Airlangga


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler