Survei INES: Pilpres 2 Putaran, Prabowo-Gibran yang Didukung Kaum Muda Berpotensi Menang

Rabu, 22 November 2023 – 16:40 WIB
Ilustrasi - Paslon capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memamerkan nomor urut peserta Pilpres 2024. Prabowo-Gibran memperoleh nomor 2 pada pengundian nomor urut Peserta Pilpres 2024 dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Selasa malam (14/11/2023). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - Direktur Eksekutif Indonesia Network Election Survey (INES) Andri Gunawan menyebut hasil survei lembaganya memperlihatkan Pilpres 2024 bakal berlangsung dua putaran.

Survei INES juga membaca tingkat elektabilitas masing-masing pasangan Capres-Cawapres RI di Pilpres 2024, terutama di kalangan anak muda.

BACA JUGA: Mabes TNI Gelar Sertijab Jenderal Agus, Mahfud MD Hadir, Prabowo Absen

Menurut Andri, elektabilitas Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul di segmen pemilih berusia 17 tahun -35 tahun, yakni 41,1 persen, sedangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD 38,8 persen, dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 13,6 persen, responden tidak memilih 6,5 persen.

Selanjutnya, tingkat keterpilihan pada segmen pemilih yang berusia 36 tahun ke atas, elektabilitas Prabowo-Gibran 39,4 persen, Ganjar - Mahfud 39,1 persen, dan Anies-Muhaimin 15,4 persen. Tidak memilih 6,1 persen.

BACA JUGA: Bawaslu Diminta Usut Dugaan Pengerahan Aparat Desa untuk Dukung Gibran

"Pengaruh Gibran pada pemilih segmen usia 17-35 tahun memberikan dampak keterpilihan yang sangat produktif terhadap pasangan Prabowo - Gibran," ujar Andri dalam keterangan di Jakarta, Rabu (22/11).

Andri juga menyebut tingkat keterpilihan Ganjar - Mahfud unggul di segmen pemilih yang tinggal di pedesaan dibandingkan perkotaan.

BACA JUGA: Tangis Mama Wati Pecah Ketika Bertemu Kembali dengan Ganjar Pranowo

Survei INES dilakukan pada 1 -13 November 2023 dengan jumlah re?sponden 2200 yang tersebar di 469 kabupaten/kota, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,09 persen.

Terkait hasil survei INES, pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai Prabowo berpotensi jadi pemenang Pilpres 2024 lantaran didampingi oleh Gibran.

Hal itu karena Gibran merupakan pengejawantahan dari sosok Joko Widodo (Jokowi), sehingga banyak pemilih setia Presiden ketujuh RI itu beralih ke Gibran.

"Saya selalu mengamati di linimasa media sosial, baik dari kalangan generasi milenial maupun gen z rerata memberikan dukungan kepada Gibran," ujar Bambang.

Mengacu survei INES, Bambang juga menilai Prabowo-Gibran juga berpeluang meraih kemenangan dengan suara lebih besar, bahkan dia memprediksi pasangan nomor 2 itu bisa menang satu putaran.

"Gibran telah menjadi ikon dari generasi internet dan kaum muda. Ini yang tdk dimiliki oleh pasangan Ganjar dan Anies," tuturnya.

Sementara itu, terkait survei INES yang menyebut elektabilitas Ganjar-Mahfud bagus di pedesaan, Bambang justru menilai banyak pemilih di desa yang menjadi pendukung setia? Jokowi.

"Artinya para pendukung setia Jokowi akan memilih figur yang paling dekat dengan Jokowi," ucapnya.(Fat/JPNN.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penemuan Kerangka Manusia Dicor Semen di Blitar Bikin Gempar


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler