Survei LKPI: Elektabilitas Airlangga Teratas, Masyarakat Puas dengan Kinerja Polri

Selasa, 02 Mei 2023 – 18:20 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Airlangga Hartarto menempati posisi teratas dalam survei terbaru bakal calon presiden (capres) yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Ketua Umum Partai Golkar itu bahkan mengungguli tiga capres yang berpotensi maju pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Anies Berpeluang Besar Berpasangan dengan Airlangga di Pilpres 2024

Dalam survei yang dilakukan pada periode 6-18 April 2023 itu menunjukkan masyarakat menginginkan calon pemimpin yang memiliki kemampuan melakukan transformasi di bidang ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

"Untuk kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin di masa depan, adalah mampu meningkatkan kualitas ekonomi. Pasalnya, persaingan ekonomi ke depan akan makin ketat," ujar Direktur Eksekutif LKPI Heru Suyatno dalam siaran persnya, Selasa (2/5).

Adapun elektabilitas Airlangga Hartarto sebesar 28,3 persen. Disusul Prabowo Subianto (17,3 persen), Ganjar Pranowo (11,7 persen), dan Anies Baswedan (8,4 persen).

Kemudian untuk tokoh bakal capres 2024 didasarkan pada faktor pengalaman, kemampuan dan prestasi, dengan simulasi nama-nama tokoh yang disodorkan, Airlangga Hartarto kembali unggul dengan 29,20 persen suara.

BACA JUGA: Ajak Parpol Tinggalkan Politik Identitas, Airlangga: Lukanya Lama Sembuh

Disusul Prabowo Subianto 23,30 persen, Ganjar Pranowo 18,40 persen, dan Anies Baswedan 10,60 persen.

Lalu tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pemerintah dalam menangani masalah harga sembako selama Ramadan sebanyak 84,3 persen merasa puas.

BACA JUGA: Survei SMRC: Elektabiltas Ganjar Naik Signifikan Seusai Dideklarasikan PDIP

Sebab, harga sembako sesuai dengan daya beli masyarakat. Sebanyak 83,7 persen masyarakat pun puas dengan pembagian bansos bagi warga kurang mampu selama Ramadan.

Hasil survei LKPI juga menunjukan bahwa tren kepercayaan masyarakat kepada Polri terus meningkat.

Polri mengalami kenaikan dibandingkan dengan hasil survei pada Desember 2022 yang sebesar 68,7 persen tingkat kepercayaan.

Sementara kini kepuasan masyarakat terhadap Polri meningkat menjadi 75,6 persen.

Pengamat Politik dan juga dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta , Ludiro Madu mengatakan unggulnya Airlangga Hartarto dalam survei LKPI karena kinerja yang apik.

"Airlangga Hartarto dipilih masyarakat karena mampu menjadi nakhhoda untuk mengurus ekonomi Indonesia," kata Ludiro kepada wartawan.

Ludiro menyebutkan pengalaman Airlangga sebagai Menko Perekonomian saat ini telah menjadi modal untuk jadi pemimpin bangsa.

"Pilihan masyarakat terhadap Airlangga Hartarto karena ketua Umum Golkar itu mampu meningkatkan ekonomi di Indonesia,” kata Ludiro. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhaimin-Airlangga Bertemu di Halalbihalal PKB dan Golkar Besok, Bahas Perkembangan Politik


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler