Survei LSI Denny JA: 5 Ulama Paling Berpengaruh di Pemilu

Rabu, 14 November 2018 – 21:16 WIB
Paparan hasil survei LSI Denny JA di Jakarta, Rabu (14/11) tentang pengaruh ulama secara elektoral di Pemilu 2019. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil jajak pendapatnya tentang ulama yang punya pengaruh secara elektoral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Berdasar survei bertitel Ulama dan Efek Elektoralnya itu ada lima nama yang punya pengaruh kuat di kalangan pemilih.

Peneliti LSI Ikrama Masloman mengungkapkan, terdapat 51,7 persen responden survei LSI yang mengikuti imbauan tokoh agama termasuk ulama, pastor dan biksu. Selanjutnya, sebanyak 11 persen responden yang mengikuti imbauan politikus.

BACA JUGA: Temui Maruf Amin, Moeldoko Bahas Hal Rahasia

Sedangkan 4,5 persen responden mengikuti pendapat pengamat. Adapun profesi lainnya yang juga didengar imbauannya adalah pengusaha (3,5 persen), akademisi kampus (1,8 persen), aktivis LSM (1,7 persen) dan artis kondang (1,1 persen).

“Jadi tokoh agama adalah profesi yang paling didengar imbauannya oleh publik,” ujar Ikrama dalam papararan hasil survei LSI di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11).

BACA JUGA: Gerindra Ogah Ributkan Hal Ecek-ecek untuk Kampanye Pilpres

Survei itu juga mengambil responden dari pemilih Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma'ruf) ataupun Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno (Prabowo - Sandi). Lebih dari 52 persen pemilih Jokowi - Ma'ruf ataupun Prabowo - Sandi yang mengikuti pendapat ulama.

Merujuk survei LSI terhadap 1.200 responden pada 10-19 Oktober 2018, ada lima sosok ulama yang punya pengaruh elektoral. Kriteria berpengaruh secara elektoral itu ditentukan pada tiga faktor, yakni dikenal oleh lebih dari 40 persen responden, disukai lebih dari 50 persen responden, serta imbauannya didengar oleh lebih dari 15 persen responden.

BACA JUGA: Hasto Sebut Pak SBY Secara Tak Langsung Dukung Jokowi-Maruf

“Ada lima ulama yang memenuhi ketiga kriteria itu, yaitu Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, AA Gym dan Habib Rizieq Shihab,” sebut Ikrama.

Survei itu menunjukkan Yusuf Mansyur menjadi ustaz yang paling disukai dengan 84,9 persen responden. Selanjutnya ada Arifin Ilham (84,4 persen), Abdul Somad (82,5 persen), Aa Gym (79,7 persen) dan Habib Rizieq (52,9 persen).

Namun, Abdul Somad menjadi ustaz yang paling didengar imbauannya. Ada 30,2 persen responden yang mengikuti imbauannya.

Sedangkan di bawah Abdul Somad ada Arifin Ilham dengan 25,9 persen. Selanjutnya secara berurutan adalah Ustaz Yusuf Mansyur (24,9 persen), Aa Gym (23,5 persen) dan Habib Rizieq (17 persen).

“Jadi Pak Ustaz Abdul Somad sebagai tokoh ulama yang berpengaruh," tutur Ikrama.

Lebih lanjut Ikrama mengatakan, kelima ulama itu memiliki peran penting dalam menentukan suara pemilih di Pilpres 2019. Menurutnya, pemilih muslim menjadi lumbung suara terbesar di Indonesia.
"Bagi pemilih Indonesia, ulama adalah profesi yang paling didengar imbauannya dibandingkan politisi, penulis, dan profesi lain," pungkasnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei itu plus minus 2,8 persen.(aim/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sodik: Prabowo Pemimpin Sportif, Beda Kelas dengan Jokowi


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler