Survei MIPOS: Prabowo Jadi Pilihan Presiden Mendatang

Rabu, 05 April 2023 – 14:33 WIB
Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus naik dalam beberapa survei yang dirilis baru-baru ini. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) merilis survei terbaru terkait elektabilitas tokoh-tokoh nasional yang digadang-gadang akan mengikuti kontestasi Pilpres 2024 mendatang pascabatalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia, Rabu (5/4).

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi sorotan usai menolak kehadiran timnas Israel. Menurut MIPOS, kekecewaan publik terhadap Ganjar yang merupakan kader dari PDI-P ini karena beberapa faktor.

BACA JUGA: Koalisi Indonesia Raya Bersatu Berpeluang Menangkan Pilpres dalam Satu Putaran

Di antaranya, Ganjar tidak konsekuen karena sebelumnya telah setuju saat Indonesia mengajukan bidding menjadi host Piala Dunia U-20. Kedua, penolakan Ganjar lebih bermuatan politik elektoral menghadapi Pemilu 2024. Ketiga, Ganjar dan pihak-pihak yang menolak tidak menghargai kerja keras jajaran pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menjadi tuan rumah.

Kekecewaan publik terhadap Ganjar, menurut MIPOS, secara elektoral menguntungkan Prabowo Subianto yang dinilai memiliki sikap tegas. Ketua Umum Gerindra tersebut cenderung mendapatkan tone positif dari netizen dan menjadi pilihan untuk presiden mendatang.

BACA JUGA: Sinyal Kuat soal Prabowo-Airlangga dalam Pertemuan Jokowi dengan 5 Ketum Partai

“Prabowo nampaknya menjadi alternatif dari para pendukung Ganjar yang marah dan kecewa, di mana mereka hampir tidak mungkin berpaling ke Anies Baswedan,” terang peneliti senior MIPOS.

MIPOS juga memaparkan perolehan suara tokoh-tokoh nasional jika pemilihan presiden dilakukan hari ini. Hasilnya, nama Prabowo Subianto kokoh berada di peringkat pertama dengan 33,6%, disusul Anies Baswedan 21,5%, Ganjar Pranowo 16,8%, Ridwan Kamil 6,9%, dan Sandiaga Uno 4,5%.

BACA JUGA: Ganjar Nilai Polemik Piala Dunia U-20 Ditunggangi Kepentingan Politik

MIPOS menggunakan metodologi telesurvey dengan analisis media monitoring yang dilakukan pada tanggal 29 Maret sampai 3 April 2023. Tersebar di 34 provinsi dengan total 1200 responden dan tingkat margin of eror +/- 2,83% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler