Survei Pilgub Sulsel, Incumbent Masih Unggul

Minggu, 20 Januari 2013 – 23:52 WIB
JAKARTA -- Lembaga survei Locus Salemba Institute (LO_Si) merilis hasil survei Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Alhasil, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin (Sayang) mengungguli dua kandidat lainnya.

Pasangan Sayang meraih persentase 49,75 persen. Di posisi kedua bertengger pasangan  Ilhm Arif Sirajudin-Aziz Qahar (IA) dengan persentase 45,14 persen. Posisi ketiga ditempati pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na) dengan persentase 5,11 persen.

Direktur Monev LO_Si Suhendra Anjasmara mengakui memang sementara pasangan Sayang yang diusung Partai Golkar itu di urutan teratas, namun tak menutup kemungkinan persentase dari incumbent ini akan cenderung menurun.

"Ini dikarenakan pasangan IA yang di jagokan oleh Partai Demokrat terus menunjukkan tren positif (naik) dalam satu bulan terakhir," katanya dalam siaran pers, Minggu (20/1).

Dijelaskan, survei ini dilakukan tanggal 5 hingga 15 Januari 2013. Jumlah responden yang disurvei 1400 orang. "Survei kami ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin error 3-5 persen, serta dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen," paparnya.

Indikator lainnya dalam survei ini adalah bahwa pemilih pemula masih belum banyak yang menentukan pilihannya. "Namun banyak pula yang sudah menentukan pada salah satu kandidat terutama pada kalangan pemuda di umur 20- 30 tahun," katanya.

Dari kesemua kandidat, lanjut dia, masing-masing memiliki pemilih ideologis di setiap wilayah  yang mungkin hanya bisa berubah untuk berpindah pilihan sekitar 5 hingga 7 persen.

Dari sisi popularitas, menurutnya, Syahrul berada di urutan teratas dengan riahan 95,5 persen. Disusul Ilham 93,4 persen serta Andi Rudiyanto Asapa dengan 92,8 persen. Selain itu untuk cawagub, Azis Qahar Muzakkar ada di urutan pertama dengan tingkat popularitas sebesar 97,5 persen, disusul Agus Arifin 79,3 persen dan Andi Nawir 70,4 persen. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bantu Pengungsi, PPKB Ajak Artis

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler