Survei Poltracking: Pendukung Anies Cenderung Pilih Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Sabtu, 28 September 2024 – 14:05 WIB
Survei Poltracking menunjukkan pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 cenderung memilih Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024. ilustrasi. Foto: Dokumentasi/Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Poltracking Indonesia merilis temuan survei terbarunya berkaitan dengan Pilgub Jakarta.

Survei yang diselenggarakan pada 9 -15 September 2024 itu menunjukkan para pemilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 cenderung memilih pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta.

BACA JUGA: Aher Yakin Konstituen Anies di Jakarta Bakal Pilih Pasangan RIDO yang Didukung PKS 

Sebanyak 45,4 persen pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024 yang berdomisili di Jakarta cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengungkapkan migrasi peta pendukung Anies Baswedan mulai di Pilpres 2024, di Pilkada 2027, hingga berdasarkan tingkat kepuasan kinerja Anies saat menjabat Gubernur Jakarta.

BACA JUGA: Anies Unggah Visi Misi, Suswono: Itu Menyusunnya Bersama PKS

"Pemilih Anies-Muhaimin dan Prabowo cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono, sementara basis pemilih Ganjar-Mahfud cenderung memilih Pramono-Rano di Pilkada Jakarta," kata Hanta dalam keterangannya, dikutip Sabtu (28/9).

Tak hanya pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, para pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

BACA JUGA: Survei LSI, Dukungan Anies Bisa Dompleng Suara Pram-Rano atau Ridwan Kamil-Suswono

Berdasarkan data, sebanyak 57,4 persen pemilih presiden dan wakil presiden terpilih 2024 cenderung mendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk memimpin Jakarta dalam lima tahun ke depan.

Tak hanya itu, survei Poltracking juga menunjukan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono lebih tinggi dari dua calon lainnya.

Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 persen, mengungguli dua paslon lainnya, yakni Pramono Anung-Rano Karno sebesar 31,5 persen, dan Dharma Pongrekung-Kun Wardana yang hanya 5,1 persen. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler