Survei Poltracking: Simulasi Ganjar Pranowo-Erick Thohir Paling Kuat, Prabowo-Puan Lemah

Rabu, 31 Agustus 2022 – 17:02 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo - Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Poltracking Indonesia mengungkap Ganjar Pranowo-Erick Thohir menjadi pasangan yang terkuat di berbagai simulasi pemilihan presiden-wakil presiden.

Berdasarkan sejumlah simulasi yang ditampilkan, duet Gubernur Jawa Tengah dan Menteri BUMN itu tidak mampu tertandingi oleh lawan politik lainnya.

BACA JUGA: Aneh, Biasanya Puan Dikunjungi, kini Mau Sowan Prabowo di Hambalang

Simulasi pertama, Poltracking membagi pasangan capres-cawapres menjadi empat poros.

Pertama ada duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir, Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar, selanjutnya ada Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan terakhir duet Puan Maharani-Andika Perkasa.

BACA JUGA: Fitnah terhadap Erick Thohir Tak Mengubah Keputusan PAN

Berdasarkan simulasi 4 pasang calon presiden dan wakil presiden, Ganjar-Erick Thohir mendapat elektablitas tertinggi dengan angka 27,4 persen.

"Disusul Prabowo-Cak Imin 15,6 persen, Anies-AHY 12,0 persen dan terakhir Puan-Andika 1,9 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di Jakarta, Rabu (31/8).

BACA JUGA: Terungkap, Ini Alasan Erick Thohir Laporkan Faizal Assegaf ke Polisi

Pada simulasi kedua, Poltracking membagi peta pilpres menjadi tiga poros. Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir dihadapkan dengan pasangan Anies Baswedan-AHY dan Prabowo-Puan. Hasilnya elektabilitas Ganjar-Erick Thohir tetap teratas.

“Simulasi tiga pasang, duet Ganjar-Erick Thohir 28,4 persen, Anies-AHY 20,6 persen dan Prabowo-Puan 17,7 persen dengan total 12,5 persen responden masih merahasiakan jawabannya dan 20,8 persen tidak menjawab,” terangnya.

Terakhir Poltracking mengerucutkan membuat simulasi pilpres menjadi dua poros. Kali ini duet Ganjar-Erick Thohir dihadapkan dengan pasangan kuat Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

“Hasilnya duet Ganjar-Erick Thohir memiliki elektabilitas yang paling tinggi sebesar 28,2 persen. Sedangkan Prabowo-Anies 24,9 persen,” ungkapnya.

Survei Poltracking dilakukan pada periode 01-07 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error (MoE) +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler