Survei Puskaptis, Gatot-Tengku Teratas

Calon Gubernur Sumut

Jumat, 01 Maret 2013 – 16:59 WIB
JAKARTA - Hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menempatkan pasangan Gatot Pujonugroho-Tengku Erry berada di urutan teratas calon Gubernur Sumatera Utara.

"Pasangan ini meraih 33,49 persen suara. Bersaing dengan pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman yang meraih 26,48 persen suara," ujar Direktur Puskaptis, Husin Yazid, di Jakarta, Jumat (1/3).

Dari survei yang dilakukan pada 25-28 Februari kemarin, di posisi ketiga terdapat pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan. Pasangan yang diusung Partai Demokrat ini meraih 11,85 persen suara dari 1.800 responden. Kemudian disusul Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (7,80 persen) dan Effendi Simbolon-Djumiran Abdi (7,40 persen).

Survei dilakukan di 33 kabupaten/kota, 183 kecamatan dan 365 kelurahan, dengan margin of error 2,8 persen."Jika melihat data yang ada, maka kemungkinan Pilgub akan berlangsung satu putaran. Namun memang masih terdapat 12,98 persen yang belum menjawab. Sehingga kemungkinan berlangsung dua putaran, juga cukup besar," ujarnya.

Husin memerkirakan pasangan Gus-Soekirman justru yang akan keluar sebagai pemenang jika berlangsung dua putaran. "Disana itu nggak ada muncul isu SARA, masyarakatnya sangat heterogen. Mereka lebih menginginkan figur nasionalis. Tapi kalau dua putaran, kemungkinan akan dimenangkan pasangan Gus-Soekirman. Karena sentimen kedaerahan pasti muncul," ujarnya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Ini KPUD Hitung Perolehan Suara Pilgub

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler