Surveyor Indonesia Kembangkan Program Wanasuka Berdaya 

Jumat, 07 Juni 2024 – 20:55 WIB
Rangkaian kegiatan PT Surveyor Indonesia (PTSI) Peduli. Foto dok PTSI

jpnn.com, PANGALENGAN - PT Surveyor Indonesia menggelar giat Panen Raya Kopi dan Peresmian Gudang Pupuk bersama di Desa Srikandi, Wanasuka, Pangalengan.

Selain itu disalurkan pula bantuan laptop sebagai bagian dari program Lab Komputer Keliling untuk siswa-siswi SDN Srikandi 01.

BACA JUGA: Surveyor Indonesia Sosialisasikan I-SIM for Cities Bersama Kementerian Bappenas

Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Surveyor Indonesia Peduli, sebagai komitmen dari perusahaan untuk terus hadir diantara masyarakat dan mendukung peningkatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs), dalam hal ini adalah Pendidikan Berkualitas, Konsumsi dan Produksi Yang Bertanggung Jawab, Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan, Ekosistem Daratan, dan Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.

Dalam kegiatan ini, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia, Wahyu Witjaksono langsung turun dalam kegiatan panen raya biji kopi robusta yang merupakan hasil tanam petani setempat, kemudian bersama Sekolah Tani Indonesia, turut serta meresmikan Gudang Pupuk berbahan baku kompos cacing tanah.

BACA JUGA: Ajak Para Pecinta Bola Bersih-bersih Seusai Pertandingan Indonesia VS Irak, Pegadaian Kumpulkan 728 kg Sampah

Surveyor Indonesia juga berkolaborasi dengan local heroes telah rutin menggelar Lab Komputer Keliling, dan bersamaan dengan kegiatan panen raya, dilakukan juga sesi mengajar komputer dan pemberian bantuan sejumlah 10 unit laptop untuk SDN Srikandi 01 yang masih berdekatan dengan lokasi panen.

Wahyu menyampaikan komitmen Surveyor Indonesia untuk menjaga dan menguatkan komitmen serta upaya-upaya untuk mendorong pertumbuhan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: 232 Pelari Asing dari 32 Negara Bakal Meriahkan BTN Jakarta International Marathon 2024

“Kami ingin terus hadir di antara teman-teman petani, anak-anak penerus bangsa, pelaku UMKM, local heroes dan semua yang berada dalam ekosistem keberlanjutan, sehingga dapat menjaga dan menguatkan komitmen, serta upaya dan inisiatif kami untuk mendorong pertumbuhan masyarakat dalam aspek pembangunan berkelanjutan, antara lain pendidikan, pangan, dan pengelolaan komoditas berkelanjutan," tuturnya.

“Kegiatan serupa ini juga sudah rutin kami lakukan baik secara korporat, maupun dalam lingkup Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT SUCOFINDO,” imbuhnya.

Surveyor Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya dalam membangun ekonomi kerakyatan.

Kini, para petani kopi di Wanasuka ini berhasil meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari proses bisnis maupun hasil panen. Alhasil, pendepatan mereka naik dan kesejahteraan keluarganya terjaga.

"Terima kasih kepada Surveyor Indonesia atas kerjasamanya dalam membangun ekonomi masyarakat Desa Wanasuka. Ke depan banyak hal lain yang masih perlu disinergikan untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Founder Sekolah Tani Indonesia, Fatoni Saputra.

Selanjutnya, Surveyor Indonesia bersama Sekolah Tani Indonesia berfokus dalam peningkatan kualitas proses dan produk kopi.

Dengan begitu, ke depannya kopi yang dihasilkan dapat memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri, mulai dari proses panen, pengeringan hingga proses pengemasan produk.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler