Susan Mundur dari Jabatan CEO YouTube, Ini Penggantinya

Senin, 20 Februari 2023 – 15:57 WIB
Ilustrasi Youtube. Foto: pixabay

jpnn.com - Susan Wojcicki mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO YouTube.

Susan dikenal turut membangun mesin pencari Google sejak awal bersama sang pendiri Larry Page dan Sergey Brin.

BACA JUGA: Konten YouTube Bisa Jadi Jaminan Utang ke Bank, Ini Ketentuannya

"...setelah hampir 25 tahun di sini, saya memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai pimpinan YouTube," ujar Susan dalam surat terbukanya dikutip dari blog resmi YouTube, Senin.

Setelah mundur dari pucuk pimpinan YouTube, dia akan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi yang dia sukai.

BACA JUGA: Hadirkan Popping Dance, Trio Macan Trending di YouTube

Susan bergabung dengan perusahaan induk YouTube, Google Inc, sejak 25 tahun lalu, ketika mesin pencari Google sedang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Dalam data biografinya yang dipublikasikan di berbagai platform digital, Susan Wojcicki yang bernama lengkap Susan Diane Wojcicki lahir pada 5 Juli 1968 di Santa Clara, California, AS.

BACA JUGA: YouTube Rilis Fitur Baru Go Live Together

Sebelum menjabat CEO, Susan pernah menjadi wakil presiden senior yang bertanggung jawab atas pemasaran di perusahaan induk YouTube, Google Inc.

Kesuksesan besar pertamanya datang pada 2000, dengan debut AdWords, iklan hanya teks yang dapat diklik yang muncul di halaman pencarian Google.

Susan juga ikut membangun Google Image Search, memimpin proyek pencarian video dan buku pertama Google, pembuatan AdSense, mengerjakan akuisisi YouTube dan DoubleClick, sebelum menjadi CEO YouTube selama sembilan tahun terakhir.

Susan digantikan oleh Neal Mohan, seorang eksekutif bisnis India-Amerika, yang dipercaya menjadi CEO YouTube mulai 16 Februari 2023. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fitur Filter Mood Diperluas ke Youtube Music Versi Web


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler