Suspect Flu Burung Tewas Karena Radang Paru

Jumat, 27 Januari 2012 – 05:39 WIB

JAKARTA --Penyebab kematian Rohmat, warga Tangerang yang diduga terpapar virus flu burung, pada Rabu lalu (25/1) dirilis Kementerian Kesehatan. Kementerian yang dipimpin Endang Rahayu Sedyaningsih itu memastikan kalau pria 18 tahun warga Ciodeng, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, tersebut meninggal karena radang paru (pneumonia).

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama di Jakarta kemarin menuturkan, pasien yang di rawat di RSUD Kabupaten Tangerang itu negatif flu burung.

Dalam paparannya, Kemenkes sudah menerima laporan dua kali hasil laboratorium sampel lendir dada Rohmat. Hasil kedua pengambilan sampel ini menyatakan jika dia negatif flu burung.

"Itu bukan flu burung. H5-nya sudah dipastikan negatif," katanya. Namun, Tjandra masih belum memaparkan dengan detail penyebab radang paru yang akhirnya merenggut nyawa siswa kelas III sebuah SMK di Tangerang tersebut.

Santer dikabarkan jika radang paru yang merenggut nyawa Rohmat ini disebabkan karena flu babi (H1N1). Tetapi, pihak Kemenkes mengatakan belum mendapatkan laporan perkembangan setelah Rohmat dinyatakan meninggal Rabu lalu (25/1). Rohmat wafat setelah menjalani perawatan lima hari.

Terkait kabar Rohmat meninggal karena terpapar H1N1, Tjandra mengatakan dia belum mengetahui. "Yang saya tahu itu meninggal dengan dinyatakan negatif flu burung," kata Tjandra.

Soal dugaan Rohmat meninggal karena flu babi, Tjandra mengatakan itu bukan masalah serius. Sebab, H1N1 sudah dianggap sebagai flu biasa oleh WHO (World Health Organization). Jadi, jika memang benar Rohmat meninggal karena flu babi, Kemenkes diperkirakan tidak akan mengambil langkah penanganan khusus.

Data dari WHO menyebutkan, korban tewas akibat flu burung di Indonesia dalam kurun 2003-2011 terbanyak di dunia, yaitu dengan 150 kasus kematian. Tahun lalu, tercatat ada sembilan orang tewas dari sebelas kasus flu burung. Selama Januari 2012 ini, sudah ada dua orang tewas karena positif flu burung, semuanya di DKI Jakarta. (wan/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Berharap GKI Yasmin Ajukan Gugatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler