Sutan Bhatoegana Tebar Pesona di Istana Maimun

Minggu, 24 Juni 2012 – 19:15 WIB

MEDAN -- Politisi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana Siregar, mengatakan bahwa kebudayaan Melayu Deli di Sumatera Utara, harus dilestarikan. Sutan mengingatkan sebagai warisan leluhur, jangan sampai kebudayaan tersebut punah.

Sutan Bhatoegana Siregar yang mengincar kursi gubernur Sumut lewat pemilukda 2013 itu mengatakan, budaya merupakan sesuatu hal yang patut dihargai dan dilestarikan.

"Budaya anak bangsa dari Kesultanan Deli harus dilestarikan. Jangan sampai punah," kata Sutan saat mengunjungi Kesultanan Maimun, di Medan, Sumut, Minggu (24/6).

Kunjungan ke Keraton Maimun bagi Sutan merupakan yang kedua kali. Sutan bersama rombongan serta fungsionaris Partai Demokrat Medan, berkesempatan untuk mengitari seisi keraton. Pria kelahiran Pematang Siantar itu pun dipandu oleh kerabat keraton yang menjelaskan mengenai sejarah Kesultanan Maimun.

"Ini merupakan kunjungan yang kedua. Dulu saya menghadiri sebuah undangan, sekarang saya berterima kasih telah diundang kesini," ujar salah satu pendiri Partai Demokrat itu.

Sutan juga berharap pemerintah setempat terus memerhatikan perbaikan dan renovasi bangunan keraton yang terletak tak jauh dari Bandara Polonia Medan itu.

Istana Maemonn dibangun pada 26 Agustus 1888 pada masa pemerintahan Sultan Deli IX,  Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah dan saat ini tengah dilakukan renovasi pada beberapa bagian bangunan.

Di dalam keraton tersebut banyak terdapat peninggalan sejarah pada masa pemerintahan Sultan Deli. Mulai dari singgasana kerajaan, kursi, foto bersejarah, hingga pakaian asli Sultan. Saat ini Mahmud Lamandjiji Perkasa Alam dinobatkan sebagai Sultan Deli XI. Dia masih berusia 13 tahun.

Salah satu kerabat keraton, mengatakan bahwa tak lama lagi di Istana Maemoon akan menjadi tuan rumah pertemuan raja-raja se-nusantara. "Nanti akan ada pertemuan raja-raja se-nusantara di Istana Maimun," ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Sutan Bhatoegana Siregar menyempatkan diri untuk berdendang lagu Melayu Deli dengan diiringi musik tradisional di Istana Maemoon. Ini pun menjadi perhatian pengunjung yang kebetulan sangat ramai di pagi itu.

Sutan membaur bersama warga dan sempat menyumbangkan sebuah lagu bergenre melayu berjudul "Fatwa Pujangga".(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Caleg PAN Diminta Keliling Kampung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler