Sutradara Peraih Oscar Jonathan Demme Tutup Usia

Jumat, 28 April 2017 – 08:30 WIB
ILUSTRASI: Patung Oscar. (ANTARA/REUTERS/Brendan Mc/am.)

jpnn.com - Hollywood kehilangan salah seorang sineas hebatnya. Jonathan Demme, sutradara yang dikenal lewat film thriller The Silence of the Lambs, tutup usia pada Rabu siang (26/4) waktu setempat dalam usia 73 tahun.

’’Dia meninggal di rumahnya di Manhattan. Dia meninggal akibat komplikasi dari kanker yang diidapnya selama dua tahun terakhir,’’ ungkap publisis Demme, Leslee Dart, dikutip dari Hollywood Reporter.

BACA JUGA: Rilis Star Wars IX Dipercepat dan Kembalinya The Lion King

Sutradara kelahiran New York, AS, tersebut memulai karir pada era 70-an sebagai penulis naskah sekaligus produser. Pada 1974, dia melakukan debut penyutradaraan lewat Caged Heat.

Film itu mengisahkan kekerasan di penjara khusus perempuan. Sejak karya pertamanya tersebut, ayah tiga anak itu dikenal berani mengangkat film yang punya tema menyindir kondisi sosial.

BACA JUGA: Hollywood Akhirnya Garap Biopik Sang Ratu Pop

Selain The Silence of the Lambs, Philadelphia yang dirilis pada 1993 menjadi salah satu karya terbaik Demme. Dibintangi Tom Hanks dan Denzel Washington, Philadelphia merupakan film Hollywood bertema AIDS dan homoseksualitas pertama yang digarap dengan bujet besar. Ketika itu biaya penggarapannya mencapai USD 26 juta (Rp 346 miliar).

Kenekatan sutradara lulusan University of Florida tersebut berbuah manis. Film itu sukses meraih Piala Oscar untuk Aktor Terbaik dan Soundtrack Terbaik, lewat lagu Streets of Philadelphia yang dibawakan Bruce Springsteen.

BACA JUGA: Universal Belum Puas Mengeksploitasi Fast and Furious

Demme menyisakan satu proyek terakhir yang ditayangkan tepat pada malam saat dirinya meninggal, Shots Fired. Proyek film dengan total durasi enam jam tersebut menceritakan penembakan oleh polisi.

’’Dia merupakan orang yang paling semangat di lokasi syuting. Bahkan, dia pernah muncul pagi-pagi, masih mengenakan piyama Pokemon di tengah tim dan cast,’’ papar Gina Prince-Bythewood, executive producer Shots Fired.

Kalangan selebriti dan sineas Hollywood mengungkapkan belasungkawa. Justin Timberlake mengunggah fotonya bersama Demme di Instagram. Tahun lalu keduanya bekerja sama untuk dokumenter Netflix, Justin Timberlake + the Tennessee Kids. ’’Kamu tidak bakal tergantikan. Kamu akan sangat dirindukan, temanku yang manis. Sampai ketemu lagi,’’ tulisnya di caption.

Aktris senior Meryl Streep yang berakting di Beloved menuturkan, meninggalnya Demme adalah sebuah kehilangan besar. ’’Dia merupakan sosok yang berhati besar, penuh gairah, dan selalu memeluk orang-orang yang membutuhkannya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Tom Hanks menjelaskan bahwa sutradara yang dikenal dengan panggilan JD tersebut adalah seorang pria sejati. ’’Dia mengajari kita kebesaran hati yang mampu menuntun hidup kita,’’ tuturnya.

Bintang The Silence of the Lambs Jodie Foster mengenang Demme sebagai pria yang unik. ’’Dia punya energi murni, seorang pemandu sorak kreatif yang sulit dihentikan. Aku mencintainya. Sungguh,’’ katanya. Selamat jalan JD. (fam/c14/ayi)

 

Lima Film Terbaik Jonathan Demme: 

The Silence of the Lambs (1991)

Karya signature Demme ini menjadi film pertama. Sampai saat ini, belum ada yang menandingi. Film ini bergenre horror thriller yang menang Piala Oscar kategori Film Terbaik. Film yang mengisahkan pertemuan kanibal Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) dengan agen FBI Clarice Starling (Jodie Foster) ini membawa pulang total lima Piala Oscar.

Philadelphia (1993)

Tom Hanks dan Denzel Washington dipertemukan dalam film tentang epidemi AIDS. Di tangan Demme, cerita disajikan sangat menawan hingga menguras emosi penonton. Film ini berkisah tentang seorang pria (Hanks) yang dipecat dari kantor pengacara karena terdiagnosis AIDS. Washington menjadi pengacara yang membelanya.

Rachel Getting Married (2008)

Demme memercayai Anne Hathaway untuk memerankan Kym, pecandu narkoba tobat yang diizinkan meninggalkan rehab demi bisa datang ke pernikahan saudaranya. Tensi keluarga meningkat dengan kedatangan Kym.

Stop Making Sense (1984)

Film dokumenter panjang pertama Demme. Subjek film ini adalah The Talking Heads, grup new wave/pop rock yang beranggota David Byrne, Chris Frantz, Tina Weymouth, dan Jerry Harrison. Pengambilan gambar dilakukan selama konser tiga hari di Pantages Theater, Hollywood.

Caged Heat (1974)

Selalu menarik melihat karya pertama sang maestro. Film tentang eksploitasi di penjara perempuan ini merupakan debut Demme yang layak dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar wajib tonton.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Film Superhero Marvel Ini Rilis Tahun Depan


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler