Swab Test Antigen Mahal, Mayjen Dudung dan Irjen Fadil Turun Tangan

Kamis, 24 Desember 2020 – 14:22 WIB
Kapolda Metro Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat meninjau pelaksanaan layanan swab antigen di Stasiun Pasar Senen, Kamis (24/12). Foto: Humas Polda Metro Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro dan Kodam Jaya menyediakan pos pelayanan swab test antigen secara gratis di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Layanan tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang menggunakan jasa kereta api untuk berpergian.

BACA JUGA: Jaringan Muda Muslim Jakarta Keluarkan Pernyataan Keras, Ditujukan Buat Habib Rizieq

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan hal tersebut dilakukan mengingat mahalnya swab test antigen bagi masyarakat yang hendak berpergian.

"Fungsinya adalah agar masyarakat yang akan menggunakan kereta api ini di swab terlebih dahulu mengingat rentan kebutuhan masyarakat saat ini apabila mereka melakukan swab antigen," ungkap Dudung kepada wartawan saat meninjau pos layanan swab antigen di Stasiun Pasar Senen, Kamis (24/12).

BACA JUGA: Irjen Fadil Imran Umumkan 45 Polisi Telah Dipecat

Lebih lanjut, Dudung mengungkapkan, dengan adanya layanan tersebut dapat meringankan beban masyarakat. 

Sebab, swab test antigen dikenakan biaya Rp 300 ribu. Namun, bila di pos pelayanan yang disediakan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya itu tak mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

BACA JUGA: Wajib Dibaca, Ada Info dari Tol Jakarta-Cikampek

"Kalau di luar sekitar Rp 300 ribu, kalau di sini swab antigen diberikan oleh PMJ dan Kodam Jaya secara cuma cuma," katanya.

Adapun, bila ada masyarakat yang positif bakal dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk dilakukan test PCR.

Sementara itu, Kapolda Metro Jakarta Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sejumlah syarat untuk layanan swab antigen gratis itu di anataranya menunjukan tiket dan KTP asli.

"Untuk mengikuti test swab antigen itu, masyarakat hanya memperlihatkan tiket kereta api, dengan KTP nya saja," kata Irjen Fadil.

Kemudian, kata dia tidak ada batasan kuota. Fadil menyebut pihaknya memiliki persediaan swab test antigen yang cukup.

"Tidak kami batasi kuotanya, berapa pun masyarakat akan kami layani kami punya persediaan swab antigen yang mencukupi. Kodam ada 10.000, Polda Metro ada 10.000, dibantu dengan BNPB sepenuhnya," katanya.

Layanan test swab antigen gratis itu yang berlokasi di Stasiun Pasar Senen itu berlangsung terus menerus sampai 4 Januari 2021. (mcr3/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler