Syafrudin Budiman Diusulkan Masuk Kabinet di Era Prabowo – Gibran

Minggu, 09 Juni 2024 – 08:08 WIB
Syafrudin Budiman SIP. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Aliansi Relawan Prabowo Gibran (ARPG) merilis usulan 14 nama bakal calon menteri dan wakil menteri (Wamen) pada era Kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Di antara 14 nama tersebut terdapat nama Syafrudin Budiman SIP yang diusulkan sebagai Wakil Menteri UKM dan Koperasi atau Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

BACA JUGA: Gus Din: Ormas Perhimpunan UKM Indonesia Dideklarasikan Siang Ini

Gus Din panggilan akrabnya dikenal sebagai sukarelawan dan menjadi Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP-BP).

Gus Din aktif sebagai sukarelawan pendukung Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) sejak 2017 hingga 2024.

BACA JUGA: Bertemu GPN 08, Ketua DPD RI Siap Kawal Presiden Terpilih Prabowo Perkuat Pancasila

Pada Pilpres 2024, Gus Din aktif menjadi relawan Jokowi yang mendukung Prabowo - Gibran, tetap dengan bendera Relawan Barisan Pembaharuan 08.

Gus Din juga tercatat sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari PAN Dapil II DKI Jakarta meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri).

BACA JUGA: Ketua Banggar DPR Sebut APBN 2025 Disahkan Sebelum Prabowo Jadi Presiden, Begini Catatannya

Aktivis dan intelektual muda ini memiliki segudang pengalaman dalam organisasi pemuda, mahasiswa, ormas dan partai politik.

Gus Din telah banyak melewati pengaderan di sejumlah ormas terutama Ormas Kepemudaan, Partai Politik dan Ormas Muhammadiyah.

Syafrudin Budiman adalah pendiri dan Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia yang bermetamorfosa menjadi Perhimpunan UKM Indonesia, sebagai bentuk dukungan kepada PAN.

Gus Din bersama jajarannya pada 22 Juli 2022 menyatakan berfusi dan bergabung ke PAN yang dianggap bisa memperjuangkan kalangan UKM Indonesia.

Cicit Pahlawan Nasional yang juga Ketua Umum PB Muhammadiyah KH. Mas Mansur dan Cicit Ketua PBNU Pertama KH Hasan Basri (Hasan Gipo) ini dikenal sebagai pengusaha dan konsultan media, UMKM, Koperasi dan Perdagangan.

Selain masih menjadi Ketua Umum Relawan Jokowi Barisan Pembaharuan (BP), Gus Din juga menjadi Ketua Dewan Pembina Relawan Erick Thohir (Relawan ETOR) dan Kordinator Nasional Aliansi Relawan Prabowo Gibran (ARPG).

Pada saat Pilpres 2019, Gus Din pernah menjadi Koordinator Media Rumah Aspirasi Rakyat Jokowi-Amin 01 di Jalan Proklamasi 46 Menteng Jakarta Pusat.

Syafrudin Budiman juga sebelumnya lahir sebagai Aktivis Mahasiswa 98 asal Surabaya.

Gus Din pernah menjabat Ketua I dan Bendahara Senat Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (SEMA-UWKS), Ketua Litbang BEM FISIP UWKS dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi Ilmu Politik.

Dalam organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, Gus Din pernah menjadi Ketua Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UWKS 2002-2003, Ketua Hikmah PC IMM Surabaya 2003-2004, Ketua Cartaker PC IMM Sumenep 2005-2006, Ketua Hikmah DPD IMM Jawa Timur 2004-2006 dan Ketua Bidang Sosek DPP IMM 2006-2008.

Untuk ormas Muhammadiyah ia pernah menjadi anggota Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah 2006-2008 (Ex-Officio) dan anggota Saudagar Muda Muhammadiyah Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah (2007).

Syafrudin Budiman menjadi kader utama saat Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) UWKS Surabaya 2001, Darul Arqom Paripurna DPP IMM 2004, Darul Arqom Paripurna PW Muhammadiyah Jawa Timur 2004, Kader Paripurna Majelis MPK PP Muhammadiyah 2007, Kader Paripurna PP PMB 2008, LKAU PAN 2013, Nasional Leadership Traning Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) 2023.

“Saya lahir dan besar sebagai aktivis mahasiswa yang memiliki pekerjaan sebagai konsultan media, koperasi dan UMKM. Dunia saya selalu bergelut dengan masyarakat luar, baik kalangan atas sampai masyarakat paling bawah," ujar Gus Din, Minggu (9/6/2024).

Gus Din mengusung isu kepedulian UMKM, Kesejahteraan dan Kepedulian Ketenagakerjaan.

Sebagai sosok yang lahir dari kalangan pengusaha dan UMKM ini, dirinya akan hadir untuk memperjuangkan kalangan UMKM, Koperasi dan Pedagang secara politik dan ekonomi.

“Indonesia perlu Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemulihan Ekonomi Nasional paska pandemi Covid-19 dan restrukturisasi utang luar negeri. Selain itu perlu RUU Perlindungan UMKM, Koperasi dan Pedagang Kecil agar ada perlindungan dan kepedulian bagi pengusaha kecil dan menengah bisa berkembang maju,” ucap pria yang pernah menjadi bakal calon Wali Kota Surabaya 2020-2024 ini.

Selain itu, Gus Din juga mengusung isu kepedulian kepada dunia pendidikan dan kesehatan. Bagaimanapun kata dia, agar Indonesia maju harus pendidikannya baik dan kesehatannya juga baik.

“Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia Unggul harus terus didukung dan diteruskan yang menjadi program Presiden Jokowi. Saya akan hadir di parlemen untuk mengawal dan meneruskan Legacy Pemerintahan Jokowi, agar programnya berkesinambungan dan berkelanjutan,” terang Bapak dari dua anak Hafid Qur’an, Prabu Miladi Muhammad Nurdin dan Muhammad Barkah Nailul Fauzi ini.

Syafrudin Budiman selaku Ketua Umum Ormas Perhimpunan UKM Indonesia memiliki Visi mewujudkan Indonesia Bahagia untuk Meningkatkan Kesejahteraan Bersama sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Dia berkeinginan mewujudkan UMKM yang sejahtera, adil, makmur dan sentosa menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Pad saat 100 Tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2045, Gus Din berharap bangsa dan negara Indonesia benar-benar merdeka dan sebenar-benarnya merdeka.

“Sekali Merdeka, Merdeka Sekali,” ujar Gus Din.(fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler