Syukurlah...Semen di Puncak Papua Turun Harga Jadi Rp 1 Juta

Senin, 14 Agustus 2017 – 07:46 WIB
Deputi Menteri BUMN Fajar Harry dan Bupati Puncak Jaya Henock Ibo saat meninjau toko semen di Puncak Jaya. Foto: Itlay/Cenderawasih Pos

jpnn.com, YOGYAKARTA - Setelah menikmati BBM satu harga, warga khususnya di wilayah Pegunungan Tengah, Papua segera merasakan harga semen yang lebih murah.

Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan, harga semen bakal menjadi Rp 1 juta dari harga sebelumnya Rp 2 juta.

BACA JUGA: Dulu Rp 50 Ribu, Kini Harga BBM di Ilaga Papua Rp 6.500 per Liter

Penurunan harga semen sekitar 50 persen tersebut merupakan kerja sama pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN dengan BUMD Kabupaten Puncak.

''Secara resmi diumumkan pada peringatan HUT Ke-72 RI, 17 Agustus nanti. Harga ini akan terus kita turunkan secara bertahap hingga setara dengan harga di daerah lain di Indonesia,'' jelas Bupati Willem Wandik dalam release yang diterima Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group) dari Dinas Kominfo Kabupaten Puncak.

BACA JUGA: BUMN Tinjau Kesiapan Toko Pengecer Semen di Puncak Jaya dan Wamena

Willem menyampaikan kabar bahagia itu saat menghadiri dialog dengan tema Sinergi Membangun Bangsa yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Pemkab Gunung Kidul di Pendapa Sewokoprojo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

Dialog tersebut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wabup Gunung Kidul, perwakilan PT Angkasa Pura (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Jogjakarta, serta perwakilan tokoh masyarakat Miangas.

BACA JUGA: Tekan Harga di Papua, Semen Indonesia Gandeng 4 BUMN

''Beberapa tahun lalu harga BBM mencapai Rp 50 ribu per lite. Jika ada kelangkaan BBM, harganya bisa mencapai Rp 100 ribu per liter. Ternyata saat pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, baru dua tahun ini sejak 17 Agustus 2016, kami menikmati harga BBM yang setara dengan daerah lain di Indonesia,'' tambah Willem.

Khusus untuk fasilitas jalan darat, diakuinya pemerintah pusat begitu menaruh perhatian ke Papua.

Buktinya, ada pembangunan jalan Trans Papua, yang kini dikerjakan dan direncanakan terhubung semua akhir 2018 atau awal 2019.

Sebab, pembangunan sarana infratruktur yang baik akan meningkatkan ekonomi dan pembangunan.

Dengan demikian, masyarakat di wilayah Pegunugan Tengah bisa merasakan kemerdekaan sama dengan daerah lain di Indonesia.

''Ada pembangunan lapangan terbang perintis di kabupaten-kabupaten, jalan darat, pembangunan jembatan, semuanya sangat membantu masyarakat Papua. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Presiden. Sebab, dengan sarana infrastruktur transportasi yang baik, pembangunan dan akses ekonomi rakyat menjadi lebih baik, kesejahteraan masyarakat meningkat,'' ujarnya.

Harga semen bisa menjadi Rp 1 juta saja kok sudah membahagiakan warga Puncak? Pertanyaan itu mengemuka dari peserta dalam sarasehan tersebut.

Sebab, harga semen di wilayah Jawa saja Rp 60-80 ribu.

Tidak heran, setelah dialog, wartawan langsung mengerumuni Bupati Puncak Willem Wandik untuk menanyakan lebih detail soal harga semen yang selangit di wilayah yang terpencil itu. (nat/c4/ami/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Yakin Harga Semen di Papua dengan Jawa Bisa Sama


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler