Tahniah, Ikhtiar Doni Monardo untuk Media Berbuah Medali Emas dari Dewan Pers

Selasa, 09 Februari 2021 – 18:01 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pers menganugerahkan medali emas kepada Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Pemberian penghargaan itu dilakukan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Selasa (9/2).

BACA JUGA: Doni Monardo Ajak Penyintas Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen

Sebelumnya tokoh yang pernah menerima medali emas dari Dewan Pers ialah Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menyatakan bahwa Doni telah menunjukkan komitmen dan kepeduliannya kepada media melalui Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP).

BACA JUGA: HPN 2021: Agus Sudibyo Menyampaikan Kabar Gembira untuk Wartawan

Agus menilai program selama Oktober-Desember 2021 yang diikuti sekitar 5.000 wartawan itu sangat membantu pers pada masa pandemi Covid-19.

“Pak Doni telah membantu pers melalui FJPP. Itu sangat membantu dan sangat diapresiasi,” ujar Agus.

BACA JUGA: Selamat Hari Pers, Jokowi Sampaikan Kabar Bagus untuk Awak Media


Letjen Doni Monardo memegang medali emas dari Dewan Pers dalam rangka HPN 2021. Foto: Satgas Covid-19

Lebih lanjut Agus mendorong kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu melanjutkan FJPP. “Program yang bagus ini harus dilanjutkan,” ucapnya.

Pemberian medali emas untuk Doni dilakukan secara virtual. Sebab, tentara dengan pangkat letnan jenderal itu tengah menjalani isolasi mandiri.

Terpisah, Doni melalui staf khususnya, Egy Massadiah mengapresiasi peran pers dalam membantu penanganan pandemi Covid-19.

Egy yang mengutip Doni mengatakan bahwa 63 persen keberhasilan pengendalian pandemi berada di tangan media. Buktinya ialah tingkat pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 maupun protokol 3M (mencuci tangan pakai sabun di air mengalir; menjaga jarak; mengenakan masker) di atas 65 persen.

Menurut Doni, keberhasilan dalam penanganan pandemi Covid-19 merupakan buah kerja sama pentahelix yang melibatkan lima pihak, yakni unsur pemerintah pusat maupun pemda, akademisi, pengusaha, komunitas/masyarakat, dan media.

"Dalam penanganan Covid-19, media menjadi salah satu ujung tombak,” ujar Egy menirukan ucapan Doni.

Lebih lanjut Doni menyebut penghargaan untuk dirinya itu bukanlah bentuk capaian pribadi. Sebab, penanganan pandemi Covid-19 melibatkan tim.

“Ini bukan medali emas untuk saya pribadi, tetapi medali emas untuk tim yang telah bekerja sama sejak awal pandemi Covid-19, selama penanganan dan ke depan," tuturnya.(tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler