Tak Ada Penerimaan CPNS

Senin, 05 November 2012 – 06:32 WIB
SOREANG-Moratorium calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih berlaku. Padahal, Pemerintah Kabupaten Bandung sangat membutuhkan CPNS lantaran ratusan PNS pensiun.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung hingga Agustus 2013 PNS di lingkungan Pemkab Bandung mencapai 2.091 orang.

"Idealnya PNS di lingkungan Kabupaten Bandung mencapai 2.300, dengan kebutuhan CPNS mencapai 417," ujar Kepala BKPP Kabupaten Bandung Erik Juriara, kemarin (4/11).

Selain disebabkan adanya moratorium dan perekrutan CPNS baru dibuka tahun 2013, kekurangan PNS itu juga disebabkan oleh banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun.

“PNS yang pensiun di lingkungan rata-rata sebanyak 200-300 orang per tahun," katanya.

Selama tiga tahun terakhir ini, lanjut Erik, tidak ada penerimaan CPNS baru. Sehingga, posisi yang ditinggalkan para pensiunan ini belum ada penggantinya. Awal Januari mendatang pihaknya akan melakukan tes bagi tenaga honorer (kategori 1) sebanyak 334 orang, guna memenuhi kebutuhan CPNS daerah tersebut.

Kendati demikian, untuk mengoptimalkan kebutuhan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bandung pihaknya memberdayakan 3.688 tenaga honorer kategori 2.

"Iya, sebetulnya banyak tenaga honorer juga belum mengoptimalkan pelayanan publik, sehingga kami terpaksa memperkerjakan beberapa PNS untuk rangkap jabatan," pungkasnya. (try)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Punya Niat Bersih, Pemprov Maluku Dipuji Menteri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler