Tak Banyak Orang Tahu, Ini Deretan Fitur Rahasia Microsoft Word yang Memudahkan Pekerjaan

Minggu, 27 Agustus 2023 – 15:53 WIB
Ada sejumlah fitur rahasia Microsoft Word yang memudahkan pekerjaan. Foto: ilustrasi/Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Microsoft Word merupakan salah satu kebutuhan pokok di dunia kerja sebagai program pengolahan kata.

Anda dapat menemukannya di hampir semua industri yang ada di luar sana sebagai salah satu program utama mereka untuk mengedit teks dan dokumentasi.

BACA JUGA: Microsoft Bakal Mengakuisisi Sega dan Bungie

Program ini juga terus mengalami pembaruan dari sisi fitur. Tujuannya untuk mempermudah pekerjaan.

Melalui semua fitur dan pembaruan baru ini, sering kali sulit untuk mengetahui semua seluk-beluk yang disediakan oleh seluruh perangkat lunak.

BACA JUGA: Punya Perangkat Asisten Virtual Baru, Microsoft Setop Cortana

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagian dan fungsi MS Word rahasia berikut ini, yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Zoom Cepat

Pertama adalah fungsi zoom-in dan zoom-out yang sederhana.

Menekan dan menahan CTRL + menggeser roda mouse Anda akan langsung memperbesar atau memperkecil berkas Anda.

Anda tidak perlu repot mengklik opsi zoom di sudut kiri bawah secara manual, namun Anda dapat melakukan semuanya hanya dengan menahan satu tombol dan melakukan hal lainnya dengan mouse.

Caranya : Tahan CTRL + Geser Mouse

Amankan Dokumen dengan Kata Sandi

Mungkin salah satu fungsi terpenting yang tidak banyak orang ketahui adalah melindungi berkas dan data mereka melalui fitur enkripsi kata sandi bawaan Microsoft.

Jika Anda menjalankan bisnis yang melibatkan data klien penting, maka ini pasti sangat berguna untuk mengamankan file Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Pastikan Anda mengingat kata sandi Anda!

Caranya : Buka File > Tab Info > Lindungi Berkas > Enkripsi > Masukkan Kata Sandi > Oke

Memeriksa Keterbacaan

Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana keseluruhan tulisan Anda dinilai atau dipertimbangkan dalam hal kualitas, maka Anda mungkin akan senang mengetahui bahwa ada fitur di program ini yang menyediakan statistik keterbacaan untuk Anda.

Ini dapat melengkapi pemeriksaan tata bahasa dan ejaan yang sudah ada yang ditawarkan kepada Anda secara default, tetapi untuk keterbacaan berkas maka Anda harus mencentang dan mengaktifkan ini terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk mendapatkan detail yang Anda inginkan.

Namun, setelah Anda melakukan ini, laporan status keterbacaan juga akan disertakan setiap kali Anda melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan untuk berkas Anda.

Caranya : File > Opsi > Pemeriksaan > Centang “ Periksa Tata Bahasa Dengan Ejaan ” & “ Tampilkan Statistik Keterbacaan ” Ok > Kembali ke Berkas > Tinjau > Ejaan &
Tata Bahasa

Simpan Dokumen Secara Instan ke Google Drive

Jika Anda pernah menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, ada baiknya mengintegrasikan aplikasi ke program Anda.

Secara default, Anda tidak akan dapat secara otomatis menyimpan file ke layanan penyimpanan berkas tersebut.
Namun, jika Anda telah menginstal di komputer Anda, maka itu akan dimasukkan sebagai salah satu area yang berpotensi menyimpan berkas Anda, sehingga membuat banyak hal menjadi lebih mudah.

Caranya : Instal GoogleDrive > Mulai ulang MS Word > File > Simpan sebagai > Google Drive

Untuk Penyimpanan Manual : Instal GoogleDrive > Mulai ulang MS Word > File > Simpan sebagai > File Explorer > Google Drive

Memulihkan File yang Rusak

Salah satu situasi paling tidak menyenangkan yang dapat terjadi saat mengerjakan sebuah berkas adalah mengalami kecelakaan atau situasi yang tidak terduga seperti kesalahan, crash, dan banyak lagi.

Namun yang lebih buruk lagi adalah dalam situasi tak terduga ini, Anda mungkin belum menyimpan berkas Anda, yang merupakan skenario terburuk yang mungkin terjadi. Untungnya, semuanya tidak hilang.

Program ini memiliki satu fitur khusus yang menyimpan berkas Anda secara otomatis secara konsisten selama kemajuan Anda, yakni dengan memberi label fitur ini sebagai "Pemulihan Otomatis".

Biasanya, prompt akan muncul saat berikutnya Anda membuka program ini yang meminta Anda untuk memulai dari penyimpanan pemulihan terdekat, tetapi bagaimana jika tidak muncul?

Anda dapat membuka direktori file itu sendiri secara manual dan memeriksa pemulihan apa pun yang dilakukan program selama berkas Anda dan kemungkinan besar.
Semuanya mungkin telah disimpan atau sebagian besar konten masih ada.

Caranya : File > Opsi > Simpan > Lokasi File Pemulihan Otomatis > Telusuri. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler