Tak Berani Main Terbuka

Minggu, 19 Mei 2013 – 08:42 WIB
GRESIK - Daya ledak Persegres Gresik memang tak sekuat Persipura Jayapura. Namun, faktanya Persegres selalu menyulitkan Persipura di setiap pertemuannya. Buktinya, pada pertemuan pertama di Jayapura lalu, Persegres bisa menodai rekor clean sheet Persipura meski di hasil akhir mereka kalah.

Nah, tradisi mencetak gol ke gawang Mutiara Hitam - julukan Persipura - itu diprediksi kembali terulang di Stadion Petrokimia, Gresik, malam nanti (19/5). Terlebih Persegres kali ini bertindak sebagai tuan rumah dan bakal tampil full team. (Siaran langsung ANTV mulai pukul 19.00 WIB).

Di atas kertas, berat untuk mengakhiri rekor tak terkalahkan Persipura. Tapi, modal tiga poin atas Persiwa Wamena di laga sebelumnya bisa jadi motivasi. Setidaknya bagaimana mempertahankan tradisi selalu mencetak gol tersebut.

"Dari pengalaman di laga sebelumnya, kami yakin Persipura juga punya kelemahan, mereka juga bisa kemasukan," ujar pelatih Persegres, Widodo Cahyono Putro, kemarin (18/5).

Menghadapi Persipura yang punya kualitas merata di semua lini, sepertinya Laskar Joko Samudro " julukan Persegres " tidak akan bermain terbuka. Sebaliknya, strategi counter attack bakal kembali jadi pilihan Widodo. Enam poin dari dua kali pertemuan dengan Persiwa jadi acuan.  

Boaz Solossa dan Zah Rahan Krangar jadi dua sosok sentral Persipura yang diwaspadai Widodo. Bahkan, untuk meredamnya, dalam latihan kemarin Widodo memaksimalkan simulasi man to man marking. Tentu semua itu dilakukan untuk membendung dua motor serangan Persipura itu.

"Pada intinya semua pemain Persipura yang masuk ke pertahanan harus kami waspadai. Tapi, khusus untuk Boaz dan Zah Rahan, keduanya harus lebih diekstrawaspadai. Kedua pemain itu sudah seperti otaknya Persipura. Lepas sedikit, maka berbahayalah pertahanan kami," beber Widodo.

Jika Persegres full team, lain halnya dengan Persipura. Tim besutan Jacksen F Tiago itu kehilangan Gerald Pangkali akibat akumulasi kartu. Sedangkan Otavio Dutra, Yohanes Tjoe, dan Nelson Alom kondisinya masih dilihat hingga hari ini. Ketiga pemain itu masih dibekap cedera.

Jacksen mewaspadai karakter permainan Persegres yang identik dengan pemain muda, punya kecepatan dan shooting-shooting jarak jauhnya. Apalagi, dalam kurun waktu enam bulan, Persipura pernah terpuruk dua kali di Petrokimia. "Kali ini kami tidak ingin kalah lagi di Gresik," jelas Jacksen. (ren/ko)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soler Mendekat ke Persiba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler