Tak Bisa Bayar SPP, Siswi Bunuh Diri

Kamis, 07 Juni 2012 – 09:24 WIB

GROBOGAN– Sungguh Ironis. Diduga tidak bisa melunasi SPP di sekolahnya, seorang siswi di Grobogan bunuh diri. Bukti dunia pendidikan di Kabupaten Grobogan belum berpihak kepada orang tak berpunya.

Itulah nahas yang dialami Nana Ribiatun (17), siswi Madrasah Aliyah (MA) Futukhiyah Jeketro Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Nekat bunuh diri karena tidak kuat menanggung beban ekonomi nenek yang mengasuhnya.

Korban butuh uang untuk melunasi SPP di sekolah sebagai syarat mengikuti ujian semester. Karena tak tega minta uang kepada neneknya, dia gantung diri dengan tali selendang di kusen pintu kamar tidur rumah neneknya Desa Latak Kecamatan godong, Grobogan, Selasa (5/6) pagi.

Korban kali pertama diketahui adik sepupunya, Dewi Titik Sri Lestari (6). Pagi itu, murid kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) itu bertandang ke rumah neneknya. Ketika masuk, ia kaget melihat kakak sepupunya tergantung di kusen pintu kamar tidur. Seketika itu juga saksi lari keluar memanggil tetangganya.

Mendengar jeritan minta tolong, beberapa warga berdatangan. Seorang warga kemudian memotong selendang yang melilit heler korban.  “Saat diturunkan, korban sudah dalam keadana meninggal,” jelas Suyadi (35), salah seorang kerabat korban.

Saat kejadian, rumah neneknya Sulasih (70), dalam keadaan kosong. Sulasih tengah kerja sebagai buruh tani di sawah tetangga. Selama ini, korban diasuh neneknya karena ibu korban sudah meninggal dan ayahnya pergi saat korban masih berumur satu tahun.

Nenek korban Sulasih menuturkan, sebelum kejadian cucunya minta uang SPP tiga bulan sebesar Rp 210 ribu. Oleh Sulasih dijawab baru ada uang Rp 100 ribu. Kekurangannya akan diberi setelah Sulasih mendapat bayaran sebagai buruh matun (membersihkan rumput tanaman padi) di sawah milik tetangga.

“Mungkin karena stres dan tidak tega melihat neneknya banting tulang membiaya sekolah, korban nekat bunuh diri,” tambah Kasi Trantib Kecamatan Godong, Sudarji.

Sebelum bunuh diri, korban sempat mengirim SMS kepada teman-temannya minta maaf jika selama berteman ada kesalahan. Korban mengaku akan pergi ke surga.(udi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jual Sabu, Istri Mantan Walikota Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler