Tak Cukup Hanya Satu Gol

Selasa, 05 Maret 2013 – 07:18 WIB
MANCHESTER - Dalam leg pertama di Santiago Bernabeu (13/2), Manchester United memang gagal mencegah Cristiano Ronaldo mencetak gol. Tapi, United sukses mencegah Ronaldo mencetak gol kedua untuk Real Madrid. Itu tak lepas dari strategi pelatih United Sir Alex Ferguson menempatkan Phil Jones sebagai pengawal CR7.

Nah, leg kedua di Old Trafford dini hari nanti WIB (siaran langsung SCTV kickoff 02.45 WIB) situasinya bakal berbeda. Ferguson harus menyiapkan rencana cadangan karena Jones dipastikan tidak bisa dimainkan seiring belum pulih dari cedera engkel yang dialaminya saat menghadapi Reading di Piala FA (18/2).

Fergie, sapaan akrab Ferguson, memang masih memiliki Tom Cleverley dan Anderson. Tapi, benarkah dua pemain yang memiliki karakter cenderung menyerang ketimbang bertahan itu mampu menjalankan tugas mengawal  pemain yang sudah mencetak total 39 gol di semua ajang musim ini?
 
Namun, tampaknya, bagi Fergie, itu bukan soal yang terpenting. Ketimbang memikirkan cara mencegah lawan mencetak gol, pelatih 71 tahun itu lebih mementingkan cara timnya mencetak banyak gol. Ya, seperti diungkapkan Fergie, timnya tidak akan lolos dengan hanya sebiji gol di Old Trafford.

"Saya pikir akan ada lebih banyak gol. Kami mencetak gol, begitu pula Real. Yang harus kami pikirkan adalah bagaimana cara kami mencetak lebih banyak gol dari mereka," kata Fergie kepada Sky Sports.

United memang menatap laga ini dengan konfidensi tinggi setelah menghajar Norwich City empat gol tanpa balas Sabtu lalu (2/3). Shinji Kagawa diluar dugaan mengoleksi hat-trick, sedangkan Wayne Rooney mencetak sebuah gol indah.

"Saya dalam kondisi terbaik saat ini untuk menghadapi Real," kata Rooney yang telah mengemas 195 gol  dari 353 penampilannya bersama United itu.

Tapi, persiapan Real juga tak kalah dahsyat. Dua el clasico beruntun disapu bersih. Barcelona yang diklaim sebagai tim terbaik dunia saat ini dipecundangi beruntun oleh Sergio Ramos cs, masing-masing 3-1 di Nou Camp (26/2) dan 2-1 di Bernabeu (2/3).

"Sebuah tim yang mampu mengalahkan Barcelona di dua tempat berbeda berarti bisa menang melawan siapapun dan di mana pun. Kami dalam waktu yang tepat menghadapi United di Old Trafford," kata bek Real Pepe kepada AS.

Kondisi internal Real yang harmonis juga menjadi faktor nonteknis yang penting di Old Trafford. Harmonis skuad Real ditandai dengan membaiknya hubungan antara entrenador Real Jose Mourinho dengan kapten tim Iker Casillas.

Setelah memberi peran Casillas sebagai juru bicara dalam el clasico di Nou Camp, Mourinho memutuskan membawa kiper nomor satu Spanyol itu dalam rombongan 24 pemain. Casillas memang tidak akan tampil di Old Trafford seiring masih belum pulih cedera retak tulang jari tangan kiri sejak 23 Januari lalu. Tapi, kehadirannya bisa memberi suntikan moral bagi rekan setimnya.  

Bintang Formula 1 (F1) asal Spanyol, Fernando Alonso, pun termasuk yang meyakininya. "Iker Casillas sangat penting dalam skuad Madrid karena saya memprediksi pertandingan di Old Trafford akan diakhiri dengan adu penalti. Jika itu yang terjadi, Casillas bisa memberikan tips sukses kepada penggantinya (Diego Lopez, Red)," tutur pembalap Ferrari itu kepada Marca. (dns/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menanti Drama di Teater Impian

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler